KM Lestari Maju Berusia 30 Tahun, Syahbandar: Masih Layak Berlayar  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

KM Lestari Maju Berusia 30 Tahun, Syahbandar: Masih Layak Berlayar 

Petugas Posker Bira Kantor UPP Kelas III Syahbandar Pelabuhan Bira, Kuat Maryanto
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Fakta lain terkuak dalam peristiwa tenggelamnya KMP Lestari Maju. Kapal yang memuat 180-an penumpang itu, di ketahui sudah berusia 30 tahun.
Petugas Posker Bira Kantor UPP Kelas III Syahbandar Pelabuhan Bira, Kuat Maryanto menegaskan, KMP Lestari Maju sebelum kecelakaan dalam kondisi laiak beroperasi. Hal tersebut berdasarkan surat tugas dan surat ukur yang dikeluarkan Syahbandar Makassar. Meksi begitu, pengecekan rutin tetap dilakukan saat kapal akan melakukan pelayaran.
“Mereka ada izin layar. Yah layak berlayar, KM Lestari ini diproduksi tahun 1989 dan sebelumnya merupakan kapal roro pengangkut barang yang melayani rute Jakarta-Pontianak. Kalau di sini baru beroperasi November 2016,” terangnya ditemui di Pelabuhan Bira, kemarin.
Kuat Maryanto juga menampik isu terkait penyebab karamnya KMP Lestari Maju akibat muatan over kapasitas. Dia menjelaskan, berdasarkan manifest penumpang, kapal tersebut mengangkut 139 orang penumpang dan puluhan kendaraan.
Menurutnya jumlah tersebut masih sangat sedikit dibandingkan dengan ukuran dan bobot kapal yang mampu mengangkut 200 penumpang dan 300 unit sepeda motor.
“Jauh pak, ini kapal 1.500 gros ton. Jika kita rata-ratakan saja kendaraan 15 ton, itu masih sangat jauh. Jadi kalau dibilang over kapasitas sepertinya bukan itu penyebabnya,” ujarnya.
Dikeluhkan Penumpang
Kuat Maryanto juga tidak menampik banyaknya keluhan penumpang terkait kondisi KMP Lestari Maju yang sudah mula usang. Bahkan diia mengaku pihaknya kerap memberikan teguran kepada pengelola kapal jika terjadi kerusakan.
“Iya biasa kami dengar, seperti mati mesin di jalan. Tapi biasa diperbaiki. Setelah kita check dan ternyata laik jalan lagi, yah kita izinkan,” terangnya.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!