Pemkab Bantaeng Nikmati Rp 12 Miliar Dana Bagi Hasil Pajak – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Pemkab Bantaeng Nikmati Rp 12 Miliar Dana Bagi Hasil Pajak

ANJAR S MASIGA/RADAR SELATAN Kepala Bidan Pelaporan Pendapatan Daerah, Reza Paisal Saleh (dua dari kiri) pada kegiatan sosialisasi pajak daerah di Gedung Balai Kartini, Bantaeng.

BANTAENG, RADAR SELATAN.CO.ID — Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pendapatan Wilayah Bantaeng, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel menggelar sosialisasi pajak daerah di Gedung Balai Kartini, Bantaeng. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, 28 Juni itu dihadiri ratusan masyarakat.

Kepala Bidan Pelaporan Pendapatan Daerah, Reza Paisal Saleh mewakili kepala Bapenda Sulsel mengatakan, tujuan dari sosialisasi itu agar masyarakat Bantaeng sadar dan taat membayar pajak kendaraannya. Melalui pajak masyarakat berkontribusi meningkatkan pembangunan termasuk yang nampak seperti infrastruktur.

“Mari kita bayar pajak sebelum jatuh tempo. Melalui layanan penerimaan pajak, pemerintah semakin memudahkan masyarakat,” ujarnya sekaligus kegiatan secara resmi.

Pada kesempatan itu, Reza Paisal membawakan materi tentang arti penting pajak dan layanan unggulan samsat di Sulsel. Dijelaskannya, layanan unggulan dibuat untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Adapun Layanan terbaru yang dibuat Bapenda Sulsel adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) nontunai melalui ATM dan kartu debit bank Sulselbar serat Samsat dilevery.

“Layanan unggulan ini kami buat untuk memanjakan wajib pajak di Sulsel. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak,” tegasnya.

Dari penerimaan itu, Reza menjelaskan pembagian hasil pajak. Seperti pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor sebanyak 30 persen diberikan kepada kabupaten kota dan 70 persen diberikan kepada provinsi. Sebaliknya pajak rokok sebanyak 70 persen akan diberikan kepada kabupaten/kota sedangkan provinsi hanya menikmati 30 persen. Sedangkan pajak air permukaan hasilnya dibagi rata, 50 persen untuk provinsi dan 50 persen untuk kabupaten/kota.

“Hingga Mei Pemkab Bantaeng telah menikmati dana bagi hasil dari lima pajak yang dikelola Bapenda Sulsel sebesar Rp 12 miliar lebih,” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Bantaeng AKP Jaka Santosa menjelaskan mengenai kenyamanan dan kemudahan membayar pajak di Samsat Bantaeng. Di antaranya, menyediakan ruang khusus ibu menyusui. Bukan hanya itu, pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan saat membayar pajak di Samsat.

“Ini salah satu upaya kami untuk memudahkan masyarakat datang walau dia mempunyai anak balita yang sementara menyusui. Kami juga melayani dengan baik, mulai anda masuk langsung dapat senyum sapa dan salam,” tambahnya. (jar/ris)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!