Pendapatan Asli Daerah Gowa Capai 106,95 Persen – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pendapatan Asli Daerah Gowa Capai 106,95 Persen

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Penerimaan pendapatan daerah kabupaten Gowa setiap tahunnya semakin meningkat. Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan mengatakan jika realisasi pendapatan daerah tersebut selalu melampaui target yang telah ditetapkan setiap tahunnya.

“Untuk tahun anggaran 2017, penerimaan pendapatan asli daerah dapat dicapai sebesar 106,95 persen,” katanya saat menghadiri rapat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun 2017.

Adnan juga menyebutkan jika pada pos pendapatan retribusi daerah dan pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan tidak mencapai target.

“Hal ini akan menjadi evaluasi dalam proses perencanaan dan pelaksanaan kedepan apa yang telah kita rencanakan bersama dapat kita capai sesuai dengan yang kita harapkan” ungkapnya.

Menurutnya, Pemkab dalam hal ini telah berupaya mengantisipasi kondisi daerah secara menyeluruh, dengan melakukan perubahan-perubahan dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah.

“Hal ini tentunya telah diselaraskan dengan prinsip keadilan dan berbudaya dalam pengelolaan APBD secara efisien dan efektif yang terakomodir melalui aturan-aturan yang berlaku,” tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, Pemkab Gowa juga dalam mengimplementasikan paket Undang-Undang tentang pengelolaan keuangan daerah dan pendapatan daerah diarahkan pada pemberdayaan dan kemandirian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat yang merupakan visi otonomi daerah .

“Pengelolaan ini diarahkan pada pemberdayaan dan kemandinrian agar penerimaan, pengelolaan dan pemanfaatan sumber-sumber pendapatan disesuaikan dengan keadaan, kondisi, geografis dan luas wilayah, dengan tetap memperhatikan prinsip efisien, efektifitas, pemerataan, pertumbuhan, stabilitas dan akuntabilitas,” pungkasnya. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!