Terbukti Melanggar UU Pilkada, Kades Barugae dan ASN Divonis Percobaan 3 Bulan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Terbukti Melanggar UU Pilkada, Kades Barugae dan ASN Divonis Percobaan 3 Bulan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO ID — Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba menjatuhkan vonis pidana terhadap ASN dan Kepala Desa Barugae, atas pelanggaran netralitas pilkada. Kedua terdakwa secara sadar dan sah melakukan tindak pidana dalam masa kampanye ketika momen Pilkada 2018.

Humas PN Bulukumba, yang juga merupakan salah satu hakim dalam kasus tersebut, Yusti C Radja, mengatakan putusan tersebut setelah beberapa waktu lalu digelar sidang pemeriksaan saksi. Dari fakta yang terungkap di persidangan keduanya masing masing, Aswal Alam seorang ASN di SMP 14 dan Kapela Desa Baeugae, Kecamatan Bululumpa Jabal Nur secara sah meyakinkan terbukti melanggar melakukan tindak pidana pemilu Gubernur Sulsel.

“Sudah di putus dan dipidana penjara selama 3 bulan dengan masa percobaan 6 bulan. Secara sah melanggar pasal 188 Junto pasal 71 UU No 10 tahun 2016,”jelasnya.

Lanjut, Yusti C Radja, keduanya hanya di vonis penjara tahanan luar. Sedang putusan tersebut keduanya menerima begitupun dengan jaksa penuntut umum.

” terdakwa tidak ditahan karena pasal yang didakwakan ancaman pidananya paling lama 6 bulan, dipersidangan terdakwa menyatakan menerima putusan demikian juga jaksa,”jelasnya. Jumat 6 Juli 2018. kemarin.

Komisioner Panwaslu yang juga Gakkumdu, Bakri Abu bakar memgatakan, sebelum kasus kedua terdakwa diteruskan keranah hukum, pihaknya telah melalui pengkajian dan pendalaman. Keduanya di jerat kasus pasal 188 Junto pasal 71 UU No 10 tahun 2016 yang merupakan temuan Panwas saat kampanye paslon No 3 beberapa waktu lalu. Kedua orang tersebut terlibat dalam kampanye paslon No 3, Prof Nurdin Abdullah.

” Hasil pembahasan Kedua Gakkumdu yang terdiri dari jaksa, kepolisian dan Panwaslu Bulukumba menyimpulkan untuk meningkatkan ke tahap penyidikan. Sebelumnya kampanye Panwas aktif melakukan pencegahan dengan menyurati kades dan ASN untuk tidak terlibat secara aktif dalam kampanye. Malah sebetulnya untuk kades Barugae sudah kita undang saat sosialisasi di Bulukumpa,”paparnya. (faj).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!