Ini Dia Perempuan Satu-satunya dalam Misi Peyelamatan KMP Lestari Maju – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Ini Dia Perempuan Satu-satunya dalam Misi Peyelamatan KMP Lestari Maju

#Bangga Hobi Menyelamnya Bermanfaat untuk Kemanusiaan
TAK ada yang lebih berarti dalam hidup selain bisa bermafaat bagi orang lain terlebih dalam misi kemanusiaan. Hal ini lah yang dirasakan Evy, salah satu dan satu-satunya penyelam perempuan dalam misi penyelamatan korban karamnya KMP Lestari Maju di Kepulauan Selayar.Laporan: Rakhmat Fajar

Proses evakuasi dan pencarian penumpang KMP Lestari Maju dinyatakan selesai. Sebanyak 166 korban selamat dan 36 meninggal dunia berhasil di evakuasi. Di balik suksesnya operasi tersebut tidak terlepas dari kerja keras para tim penyelamat gabungan di bawah komando Badan SAR Nasional (Basarnas).

Sebanyak 20 penyelam dikerahkan untuk melakukan evakuasi pasca karamnya KMP Lestari Maju, Selasa 3 Juli lalu. Menariknya dari 20 penyelam, satu di antranya merupakan perempuan.

 

Namanya Evy, sosok perempuan hebat dan satu-satunya penyelam perempuan dalam operasi tersebut. Perempuan dengan nama lengkap Yulyvia Pernamawarti, bukanlah wanita biasa. Kehadirannya dalam tim penyelam membuat proses evakuasi terbilang sukses.

“Tanpa bantuan dia (Evy, red) tentu kita akan lebih sulit melakukan proses evakuasi. Yah terbilang sukses, meski kita masih memiliki tugas karena masih ada satu penumpang yang belum ditemukan. Dia satu-satunya penyelam perempuan di tim pencari,” ungkap Humas Basarnas, Hamsidar kepada RADAR SELATAN, Senin 9 Juli 2018.

Hamsidar mengatakan, Evy sendiri terlibat dalam misi pencarian korban KMP Lestari Maju sejak hari pertama tragedi nahas tersebut terjadi. Dari hasil penyelaman dan kerjasama tim puluhan korban berhasil dievakuasi, baik selamat maupun yang sudah meninggal dunia.

“Sejak hari pertama, bahkan sampai jam satu malam dia (Evy, red) bersama tim ikut menyelam mencari korban yang masih ada di laut. Sampai hari terakhir SOP pencarian dia masih bersama tim,” tambah Hamsidar.

 

Evy yang dihubungi RADAR SELATAN mengaku bangga karena diberikan kepercayaan terlibat dalam misi kemanusiaan tersebut. Baginya, tugas tersebut sangat berarti dalam hidupnya karena hobi menyelamnya bermanfaat dalam misi kemanusiaan tersebut.

 

Wanita kelahiran Selayar, 38 tahun lalu ini, bukanlah orang baru dalam dunia diving. Dia sudah memulai penyelaman sejak 2008 silam dan tergabung dalam Seleya Scuba Divers.

 

“Yah banggalah, karena hobi menyelam saya bisa di gunakan untuk membantu sesama. Meski tak banyak yang bisa saya buat, tapi bersyukur bisa menjadi bagian dari misi kemanusiaan ini,” terang Evy melalui telepon yang masih berada di posko penanganan korban KMP Lestari Majui di Kepulauan Selayar.

 

Dalam kesehariannya, Evy merupakan ASN (Aparatur Sipil Negara) yang bertugas di Kantor Bappeda Selayar. Perempuan berparas cantik ini bukan kali pertama terlibat dalam misi kemanusiaan.

 

Pada tahun 2013 lalu, Evy juga terlibat dalam upacara pengibaran bendera di bawah laut yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2013 di perairan Pulau Pasi Gusung, Kepulauan Selayar.

 

Tak hanya itu, namanya juga tercatat dalam jambore selam dalam rangka rehabilitasi terumbu karang tahun 2018 di perairan Takabone Rate, Selayar. Selain itu Evy juga aktif dalam sosialisasi perlindungan sumber daya pesisir dan konservasi penyu pada nelayan dan masyarakat perairan terkhusus di wilayah Kepulauan Selayar.

 

“Ini pertama kalinya saya ikut terlibat dalam operasi SAR. Sangat beda rasanya bisa membantu sesama. Ada perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tenaga pikiran dan waktu yang dikeluarkan dalam operasi ini tidak ada apa-apanya dibanding dengan apa yang dirasakan oleh korban dan keluarganya,” tambahnya.

 

“Saya sangat senang masih diberi kesempatan untuk membantu. Saya bangga bisa menjadi bagian dari mereka (Tim SAR, red). Kesabaran, kehati-hatian, dan tenaga harus dikerahkan semua,” tutup perempuan berambut pendek itu. (*).
—————-

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!