Narapidana Asli Gowa Bisa Ikut Perekaman KTP Elektronik – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Narapidana Asli Gowa Bisa Ikut Perekaman KTP Elektronik

Suasana perekaman KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Gowa

Napi Asli Gowa Bisa Ikut Perekaman KTP Elektronik

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Gowa, H Ambo mengatakan jika narapidana (Napi) yang memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK) dan ada dalam data base bisa ikut perekaman KTP Elektronik.

“Jadi sepanjang warga lapas bersangkutan punya NIK dan berada dalam data base dan merupakan asli Gowa maka kita bisa layani perekaman jika memang belum memiliki KTP elektronik,” katanya.

Menurutnya, perekaman KTP elektronik akan mudah dilakukan jika warga yang bermohon memiliki data base. Dan bagi warga yang tidak ada dalam data base akan susah dilakukan perekaman.

“Akan sulit bagi kita melakukan perekaman terhadap warga yang tidak ada dalam data base. Atau pun sudah ada dalam data base namun dia berasal dari daerah/kabupaten lain. Jangan sampai jika kita lakukan perekaman maka keluar data ganda kependudukan. Ini jelas pelanggaran,” jelasnya.

Untuk itu Disdukcapil Gowa beberapa waktu yang lalu telah melakukan survey ke Lapas Narkotika Bolangi atau Lapas Narkotika Kelas II Makassar yang terletak di Kecamatan Pattallassang.

Kasi Pendataan Disdukcapil Gowa, Jamal menjelaskan, bahwa survey yang dilakukan di lapas tersebut guna untuk mengindentifikasi para napi yang tidak memiliki identitas.

“Yang jelas kami (Disdukcapil) bisa melakukan perekaman terhadap para napi tak memiliki eKTP sepanjang mereka punya data NIK sebelumnya,” jelasnya.

Jamal menambahkan, bahwa pelayanan perekaman KTP elektronik boleh-boleh saja dilakukan sepanjang warga yang akan direkam itu berada dalam data base.

“Soalnya kalau tidak ada dalam data base kita akan susah mendeteksi kependudukannya. Atau siapa tahu mereka sudah punya eKTP. Hal ini perlu diketahui agar tidak terjadi data ganda. Siapa tahu mereka merupakan penduduk kabupaten lain dan sudah punya eKTP atau sudah pernah merekam diri di daerahnya kemudian masuk di lapas. Jika mereka punya, maka kita di Gowa tidak bisa melakukan layanan perekaman itu pada yang bersangkutan,” tambahnya.

Kunjungan yang dilakukan Disdukcapil Gowa ini tidak terlepas dari adanya permintaan Kalapas Narkotika, Victor Teguh Prihartono yang berharap ada perekaman eKTP khusus bagi para narapidana (napi) setempat pada saat pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Gubernur Sulsel 2018 beberapa hari lalu.

Sementara itu suasana pelayanan perekaman dan urusan kependudukan lainnya terus berlangsung di kantor Dinas Dukcapil Gowa. Dinas Dukcapil tetap membuka pelayanan bagi warga yang belum merekam eKTP. (*) Hendra.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!