Antisipasi Bahaya Kebakaran, Damkar Gowa Berikan Pelatihan Kepada Warga – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Antisipasi Bahaya Kebakaran, Damkar Gowa Berikan Pelatihan Kepada Warga

Kadis Damkar Gowa, Drs Rostam Razak berfoto dengan sejumlah Anggota Damkar Gowa.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID -Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa, Drs Rostam Razak menyebutkan bahwa salah satu daerah yang rawan terjadi kebakaran di Gowa ada di kecematan Bontompo.

Menurutnya, daerah ini rawan terjadi kebakaran dikarenakan padatnya penduduk. Untuk itu Damkar Gowa telah mengantipasi dengan membuat satu posko dan menyiapkan satu unit mobil pemadam kebakaran.

“Daerah itu berada di Bontonompo karena faktor rawan kecelakaan kami dari Damkar membuat satu posko dan kami menyiapkan satu unit kendaraan penembak berisikan 5000L,” katanya.

Rostam menyebutkan bahwa selain membentuk posko, Damkar juga memberikan pelatihan kepada warga yang disebut dengan Bantuan Relawan Kebakaran.

“Jadi kami memberikan pelatihan kepada masyarakat jika sewaktu waktu terjadi kebakaran. Pelatihan ini sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),” katanya saat ditemui media, Jum’at (20/7) kemarin.

Dijelaskannya, Damkar Gowa telah membentuk Tim yang setiap 15 menit melalukan respon tim disetiap daerah yang berjarak di radius 7,5 Km. Dengan jumlah anggota 29 orang yang berjaga setiap hari.

“Kami melakukan dua kali Sip, hari ini 20 orang dan besok masi seperti itu” jelasnya.

Selain berjaga, ke-20 orang ini di wajibkan untuk menjalankan Standar Operasional Prosedur. Yaitu anggota harus mengecek kendaraan setiap hari, dan memperlihat pakaian Safty (Penahan Api).

Perlu diketahui untuk saat ini Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa memiliki 5 unit kendaraan di antaranya tiga penembak dua water Suplay.

“Damkar memiliki 5 kendaraan tiga penembak dan dua water suplay, dua mobil penembak ini berisikan 5000L satunya 3000L sedangkan kedua Water Suplay 3000L,” pungkasnya. (*) Hendra.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!