Bupati Gowa Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Bupati Gowa Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Bupati Gowa, Adnan Purictha Ichsan saat menyapa anak-anak SD di kecamatan Manuju.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID–Upaya pemerintah kabupaten (Pemkab) Gowa dalam rangka mewujudkan kabupaten Gowa sebagai kabupaten Layak Anak, akhirnya membuahkan hasil. Hal ini mengantarkan kabupaten Gowa meraih penghargaan sebagai kabupaten Layak Anak.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Senin (23/7) diagendakan menerima penghargaan kabupaen layak anak tersebu. Malam penganugerahan penghargaan yang dirangkaikan dengan hari anak nasional akan berlangsung di Dyandra Convention Hall Surabaya Jatim.

Hal ini diinformasikan oleh Kabag Humas dan Kerjasama kabupaten Gowa, Abdullah Surajuddin. ” Benar Bupati Gowa akan menerima penghargaan. Diagendakan siang ini Adnan akan berangkat ke Surabaya,” katanya, Senin (23/7).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaida mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan keberhasilan tersendiri bagi kabupaten Gowa.

“Keberhasilan ini merupakan kesyukuran tersendiri bagi kami di Gowa bisa mendapatkan anugrah kabupaten layak anak,” jelasnya.

Gowa sendiri diundang bersama 12 kabupaten/kota yang ada di Sulsel berdasarkan surat undangan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dengan nomor surat: B940/KPP-PA/Dep.IV/TKA01.02/07/2018 .

Sebelum meraih penghargaan tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsa menjelaskan, bahwa sejumlah program memang telah dilakukan oleh Pemkab Gowa untuk menciptakan generasi andal namun tetap ramah anak. Seperti penerapan kurikulum iman dan taqwa ( imtaq) Indonesia pada kelas 1 dan 2.

Dalam program ini lebih mengutamakan penanaman karakter dengan cara bermain serta melibatkan tim psikolog anak. Selain itu dikembangkan sistem kelas tuntas berkelanjutan (SKTB).

Kemudian Penambahan fasilitas sanggar pendidikan anak saleh (SPAS) di 167 desa. “Selama ini kita sudah jadikan Pendidikan anak Usia dini (Paud). Kita akan tambah agar berfungsi jadi Taman Pendidikan alquran (TPA) sekaligus menjadi perpustakaan desa dan lurah,”ujarnya.

Selain itu, Pemkab Gowa juga menjamin anak-anak menggunakan haknya dalam menyampaikan suatu pendapat melalui Musrenbang anak.

“Kami ingin mewujudkan partisipasi anak dalam pembangunan yang merupakan indikator dalam mewujudkan Kabupaten Gowa menjadi KLA,” pungkasnya. (*) Hendra.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!