Waspadai! Website Sscntraining.bkn.go.id., Hoax – Radar Selatan

Radar Selatan

Ragam

Waspadai! Website Sscntraining.bkn.go.id., Hoax

* Modus Penipuan Pendaftaran CPNS

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: SUPARMAN
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), patut berhati-hati. Sekarang ini beredar website palsu yang hampir menyamai situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba, Andi Ade Ariyadi mengaskan, website dengan sscntraining.bkn.go.id adalah palsu alias hoax. Menurutnya, BKN belum mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS tahun 2018 secara resmi.
“BKN punya akun resmi sscn.bkn.go.id., sedangkan yang beredar itu di medsos sscntraining.bkn.go.id., itu hoax,” tegasnya.
Ade mengimbau masyarakat lebih bijak dan teliti dalam menerima informasi khususnya yang beredar melalui media sosial atau pun pemberita online. Dia menyerankan agar calon pelamar CPNS yang ingin mendapatkan informasi resmi agar langsung ke Kantor BKPSDM.
“Jangan mudah percaya bahkan itu bisa merugikan. Kami belum menerima pemberitahuan resmi dari BKN atau Kemen PANRB, karena kalau ada pasti kami sebagai user dipanggil,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan, hingga saat ini pemerintah daerah masih menunggu kepastian terkait mekanisme dan jadwal penerimaan CPNS. Begitu pun kuota yang diberikan Kemen PANRB kepada masing-masing daerah termasuk Bulukumba.
Menurut Tomy, website sscntraining.bkn.go.id., dan berita online terkait jadwal penerimaan CPNS tahhun ini keakuratan informasinya tak bisa dipertanggungjawabkan. Bahkan dikhawatiurkan website yang sudah beredar luas tersebut merupakan modus baru penipuan dengan mengambil data pribadi calon pelamar.
“Ya, artinya masyarakat harus hati-hati. Karena itu bisa membuka data pribadi masyarakat. Kalau sudah di-input itu data-data pribadi bisa diakses dengan mudah oleh oknum tidak bertanggung jawab. Nanti kami minta BKPSDM untuk membuat himbauan agar masyarakat berhati-hati dengan adanya portal abal-abal,” tegasnya.
Sementara itu, Kemen PANRB melalui akun instagram resminya @kemenpanrb juga telah menegaskan informasi berjudul “Laporan Penetapan e-Formasi (2016-2019)”, adalah hoax. Masyarakat pun diimbau untuk mengecek informasi melalui sumber website resmi Kemen PANRB melalui menpan.go.id.
Diketahui, belakangan ini beredar luar informasi hoax terkait pendaftaran CPNS melalui website sscntraining.bkn.go.id. Informasi secara cepat menyebar melalui pesan berantai di media sosial khsusunya WhatsApp. Belakangan diketahui, website tersebut adalah palsu yang diduga digunakan untuk modus penipuan.
Bahkan beberapa calon pelamar mengaku telah mengakses website tersebut dan mengisi informasi sesuai petunjuk aplikasi. “Saya sudah ma daftar adami nomo registrasi pendaftaranku,” ucap Ima salah seorang pelamar CPNS yang mengaku telah mengakses website tersebut.
Sementara calon pelamar lainnya, Rusman mengaku mendapatkan informasi pendaftaran CPNS dari pesan berantai yang dikirim melalui WhatsApp.
“Saya hampir ma juga mendaftar, tapi setelah cari-cari informasi ternyata hoax ji beng,” ucap pria yang berprofesi sebagai guru honorer ini.
Masyarakat pun diimbau untuk waspada dan tidak mudah mempercayai setiap informasi yang diterim melalui media sosial. Konfirmasi setiap informasi yang diterima kepada pihak yang berwenang agar tidak menjadi korban penipuan.  (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!