Kabar Gembira!!!, Agustus, Gaji Ke-13 dan Sertifikasi Dibayarkan  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Kabar Gembira!!!, Agustus, Gaji Ke-13 dan Sertifikasi Dibayarkan 

AM Sukri Sappewali Bupati Bulukumba
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba berjanji akan membayarkan gaji ke-13 ASN, Agustus mendatang. Selain itu, pada bulan yang sama tunjangan sertifikasi guru juga dibayarka
Hal ini disampaikan Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, menanggapi desakan ASN untuk pembayaran gaji 13. Menurutnya, saat ini pemkab terus berupaya agar pembayaran insentif tambahan bagi ASN segera terbayarkan.
“Insyaallah awal Agustus terbayarkan bersamaan dengan gaji Agustus dan gaji ke-13 kurang lebih Rp 49 M semuanya,” tegasnya saat dikonfrimasi melalui WhastApp-nya, Minggu 29 Juli 201.
Sementara itu, Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki, menyayangkan keterlambatan pembayaran insentif ASN tersebu.  Menurutnya, kondisi ini disebabkan ketidakprofesionalan pemkab dalam mengelola anggaran.
Dia mencontohkan, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) negatif yang seharusnya bisa menutupi defisit. Namun faktanya, anggaran itu digunakan untuk pembayaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menyeberang ke tahun anggaran selanjutnya.
“Silpa negatif yang dimiliki oleh daerah sebesar Rp 33 miliar, dimana Rp 15 miliar dari dana itu digunakan untuk pembayaran pengerjaan DAK. Ini salah satu yang membebani daerah. Karena daerah tidak becus mengelola keuangan,” ketusn politikus Golkar ini.
Pada perencanaan anggaran perubahan mendatang, Hamzah meminta pemda tidak sembarangan melakukan rasionalisasi anggaran secara sepihak, tapi harus bersama DPRD. Hal ini sudah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) APBD 2018.
“APBD sudah jelas peruntukannya, tidak bisa diganggu-ganggu. Untuk rasionalisasinya harus dibicarakan bersama,” ujarnya.
Ketua DPD II Golkar ini merinci, tahun 2018 Bulukumba menerima DAU sebesar Rp 705 miliar. Jika transfer DAU dari pusat dilakukan setiap bulan Rp 58.750.000.000, berarti jumlah transfer DAU hingga Juli adalah Rp 411.250.000.000, dan itu bisa membayarkan gaji ke-13 yang hanya Rp 29 miliar saja.
”Uangnya ada, kenapa tidak dibayarkan,” imbuhnya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!