Kawal Aspirasi Masyarakat untuk Kesejahteraan Rakyat dalam Bingkai Pengabdian – Radar Selatan

Radar Selatan

Hot News

Kawal Aspirasi Masyarakat untuk Kesejahteraan Rakyat dalam Bingkai Pengabdian

Akhmad Rivandi (Acho)
PERHELATAN politik lima tahunan di tanah air kembali digelar, khususnya di Kabupaten Bulukumba, berbagai tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang profesi ikut bertarung di pemilihan legislatif (Pileg) 2019.
Salah seorang tokoh pemuda yang kini berkiprah di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bulukumba, Akhmad Rivandi, ikut dalam percaturan politik 2019.
Acho sapaan akrab Akhmad Rivandi mengaku, bukan perkara mudah untuk menjadi Wakil Rakyat, karena rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyebabkan pemilu berbiaya tinggi dan pada akhirnya banyak calon legislatif (Caleg) yang terjerumus menghalalkan segala cara untuk dipilih sebagai Wakil Rakyat.
Hal tersebut sangat bertentangan dengan substansi DPRD yang merupakan wahana untuk melaksanakan demokrasi berdasarkan Pancasila. DPRD adalah salah satu lembaga yang mewakili seluruh lapisan masyarakat dalam pemerintahan. Sehingga mengajukan diri menjadi Calon Wakil Rakyat berarti telah siap mewakafkan diri kita untuk bekerja dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
“Walaupun dalam realitanya selama ini, dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai wakil rakyat belum bisa memberikan sumbangsih yang begitu maksimal terhadap kepentingan masyarakat,” katanya bakal calon legislatif (Bacaleg) PDIP daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Ujungbulu, Ujungloe dan Bontobahari, itu.
Evaluasi terhadap tanggapan-tanggapan pesimis masyarakat yang demikian tentang DPRD harus menjadi perhatian serius agar para Calon Wakil Rakyat dapat mengedepankan integritas terhadap peran dan fungsinya menyalurkan, mengawal aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya.
Selain itu, kompetensi dan kemampuanmu para Caleg hendaknya menjadi prioritas rakyat dalam memilih wakilnya di parlemen sehingga mampu bekerja baik di bidang legislasi, penganggaran, maupun pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan kinerja pemerintahan.
“Saya berharap Wakil Rakyat yang terpilih pada pemilu 17 April 2019 mencerminkan keterwakilan rakyat. Untuk itu partisipasi aktif dan peran serta masyarakat dalam memilih wakilnya sangat menentukan kualitas pemerintahan,” harapnya.
Kuncinya, kata Acho, menjadi Wakil Rakyat yaitu Memaksimalkan peran pemuda dalam bekerja menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti, mengawal aspirasi masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dalam bingkai pengabdian. (*)
AKHMAD RIVANDI, S.Sos., M.Si
TTL: Bulukumba 08-02-1981
Istri : Husrini Syafir
Anak :
-Amira Sabiqa Akhrihusya
-Fairel Atharizz Akhrihusya
Pendidikan:
-TK Pertiwi Bulukumba 1988
-SDN 1 Terang-Terang  1994
-SMPN 1 Bulukumba 1997
-SMAN 2 Bulukumba 2000
– S1 Administrasi Negara FISIP Universitas Sam Ratulangi Manado 2004
-S2 Administrasi Negara Universitas Bosowa Makassar 2017
Organisasi :
– Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI-P Bulukumba 2015-2020
-GMNI Manado Komisariat Swaradika
– Sekretaris Pers dan Hubungan Luar DPC GMNI Manado 2003-2005
-Ketua GMNI Bulukumba
-BPC HIPMI Bulukumba 2016-Sekarang
-Bendahara MPC Pemuda Pancasila Bulukumba 2016-Sekarang
-Bendahara DPD KNPI Bulukumba 2013-Sekrang
-Pendiri Forum Pemerhati Korban Narkotika (FPKN)
-Pendiri Geo Green Institute
-Ketua DPC Taruna Merah Putih Bulukumba 2015-2020
-Dewan Pendiri Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara (LIDIK PRO)
-DPN LIDIK PRO 2016-2021
Pekerjaan:
-Dosen Tetap Akbid Tahirah Al Baeti Bulukumba 2008-Sekarang
-Direktur operational CV. Amirah Fairel
-General Support PT. Indo Media Panrita (PT. Indota)
——————–

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!