Bulukumba Target 108.449 Anak Imunisasi MR – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Bulukumba Target 108.449 Anak Imunisasi MR

BULUKUMBA, RADAR SELATAN CO.ID — Tahun ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulukumba menargetkan imunisasi Measles Rubella (MR) sebanyak 108.449 jiwa anak yang serentak diselenggarakan, Rabu, 1 Agustus hingga September 2018.

 

 

Wasor Imunisasi Dinas Kesehatan (Diskes) Bulukumba, Hj. Wahida mengatakan, Imunisasi MR merupakan upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella. Vaksin MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun.

 

 

“Pada Agustus 2018, imunisasi akan diberikan untuk sekolah-sekolah sedangkan pada September mendatang, vaksinasi diberikan di posyandu, puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya secara gratis,” ungkapnya, Rabu, 1 Agustus 2018.

 

 

Hj. Wahida menjelaskan, untuk pelaksanaan dilakukan dua tahap. Tahap pertama pemberian imunisasi MR diseluruh sekolah yang terdiri dari PAUD, TK, SD/MI/ sederajat, SMP/MTS/sederajat dan tahap kedua pemberian imunisasi untuk anak anak di luar sekolah usia 9 bulan dibawa 15 tahun di pos-pos pelayanan seperti posyandu, polindes, poskesdes, puskesmas dan pustu.

 

 

 

“Sebagai salah satu upaya yang telah dilakukan untuk mencapai target yakni memberikan pelatihan kepada fasinator, penjentikan yang aman khususnya di desa dan melakukan sosialisasi dan advokasi di tingkat kecamatan,” ujarnya.

 

 

Kemudian ditindak lanjuti oleh puskesmas di tingkat kecamatan dengan menghadirkan kepala desa atau kelurahan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala sekolah dan kader, untuk menyamakan persepsi atau membuat komitmen bersama di puskesmas masing-masing untuk mencapai target. (sum/has/B)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!