Tambang Liar Rusak Irigasi, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Tambang Liar Rusak Irigasi, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

ANJAR S MASIGA/RADAR SELATAN Ratusan hektare sawah di Desa Lonrong, Kecamatan Ujung Loe terancam gagal panen akibat tambang ilegal.
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Kurang lebih 100 hektare sawah di Desa Longrong, Kecamatan Ujungloe, terancam gagal akibat kerusakan irigasi dekat bendungan Sungai Balanting. Kerusakan itu terjadi akibat aktivitas tambang ilegal yang sudah berlangsung lama.
Tokoh pemuda, Syahrul Ramadhan mengaku telah mengadukan keresahan petani kepada pemerintah, dalam hal ini Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba. April telah dilakukan peninjauan lokasi bersama Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.
“Sawah, bendingan, dan pertambangan semua ditinjau. Namun sampai hari ini masih belum membuahkan hasil,” sesalnya.
Petani telah berupaya mencari solusi perbaikan irigasi dengan pembelian lahan jalur irigasi senilai Rp 125 juta. Namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil yang optimal, irigasi dari swadaya tersebut tidak mampu mengairi sawah seperti yang diharapkan. Hal itu disebabkan penambangan ilegal yang berlanjut hingga kini. Keresahan petani terus bertambah.
Para petani menaruh harapan kepada Pemkab Bulukumba untuk serius menangani permasalahan itu. Tambang ilegal segera ditutup. Jika berlanjut terus menerus, dapat menyebabkan konflik antara petani dan penambang.
“Demi menghindari timbulnya konflik antara petani dan penambang maka sangat diharapkan kepada pemerintah untuk mengambil langkah penyelesaian yang cepat dan tepat,” harapnya.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria mengatakan, permasalahan yang dialami petani memang memprihatinkan. Kerusakan pada daerah hulu menyebabkan air tidak sampai ke bangunan irigasi sehingga tidak dapat mengairi sawah.
“Hulu dari irigasi ini lahan milik pribadi masyarakat di wilayah itu. Itulah sebabnya camat diminta untuk menfasilitasi pembebasan lahan masyarakat sehingga tidak lagi terganggu pemanfaatan air,” jelasnya.
Tahun ini, kata Tomy, sudah ditender proyek pembangunan irigasi di wilayah tersebut. Termasuk membangun hingga ke muara sungai.
 (jar)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!