Gowa Optimis Raih Peringkat 3 Di Porda – Radar Selatan

Radar Selatan

Gowa

Gowa Optimis Raih Peringkat 3 Di Porda

Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Gowa, Muh. Fajaruddin.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gowa mulai mempersiapkan atlet-atletnya untuk mengikuti Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang dilaksanakan di Pinrang, September mendatang.

Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Gowa, Muh. Fajaruddin, mengatakan bahwa pihaknya sudah melalukan koordinasi dengan semua Cabang Olahraga (Cabor). Sebanyak 20 Cabor yang akan ikut pada pelaksanaan Porda di Pinrang.

“20 cabor ini sudah melalukan pemusatan latihan sebagai persiapan. Dan diantara 20 cabor ini kita memiliki beberapa unggulan, seperti Bulutangkis, Pencat Silat, Dayung, dan Karate. Karena pengalaman kita waktu Porda di Bantaeng ini yang menjadi unggulan kita,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (31/7).

Meskipun beberapa Cabor ini diunggulkan, Fajaruddin tetap optimis Cabor yang lain juga kemungkinan besar bisa mendapatkan medali emas. Karena cabor yang lain juga berusaha dengan maksimal melakukan latihan-latihan.

Fajaruddin juga menyebutkan, bahwa jumlah atlet yang akan ikut pada pelaksanaan Porda di Pinrang diperkirakan 300 orang termasuk atlet dan oficial. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada tambahan dari atlet-atlet ekspedisi seperti Anggar dan Catboll.

Bertambahnya jumlah atlet ini kata Fajaruddin karena ada penambahan Cabor. Porda di Bantaeng tahun lalu hanya 14 Cabor, dan sekarang bertambah 20 Cabor.

“Porda kali ini akan ada penambahan Cabor yaitu Panjat Tebing, Anggar dan Catboll dan kita juga optimis cabor yang baru ini bisa menyumbangkan medali,” katanya.

Fajaruddin juga berharap Porda kali ini kabupaten Gowa bisa memperbaiki peringkat.

“Hal ini merupakan keinginan kita seperti harapan Pak Bupati Gowa saat pelantikan Koni kita bisa memperbaiki peringkat. Pada saat di Bantaeng kita peringkat ke 9 dan Porda kali ini kita bisa mencapai peringkat ke 5 atau 3 lah,” harapnya.

Sementara itu, Untuk cabang olahraga panjat tebing, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Gowa ikut ambil bagian mengirimkan atletnya untuk bertarung.

Ketua FPTI Gowa, Asriady Arasi, mengatakan saat ini mereka menerjunkan enam atlet mereka di cabor panjat tebing.

“Kita siapkan enam atlet kami untuk nomor cabor panjat tebing,” ujarnya.

Terkait kesiapannya, saat ini para atlet sibuk latihan di wall climbing di Lapangan Hasanuddin Makassar.

“Untuk sementara kita latihan di Lapangan Hasanuddin Makassar. Karena keterbatasan sarana prasarana jadi manfaatkan lapangan diluar Gowa,” ujarnya.

Namun dia mengakui jika kendala mereka yakni tak adanya dana pembinaan yang justru sangat dibutuhkan.

“Kendalanya dana pembinaan selama ini tidak ada sementara tiap latihan membutuhkan dana. Peralatan yang belum ada karena cabor baru sehingga dibutuhkan pembelian peralatan panjat tebing mulai tali sepatu dan peralatan lainnya,” lanjutnya.

 

 

Dia pun berharap agar pihak pemerintah bisa membantu terutama dalam hal penyediaan wall seperti janji Bupati Gowa sebelumnya. (*) Hendra.

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!