Oknum Samsat Dituding Gelapkan Uang Pajak – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Oknum Samsat Dituding Gelapkan Uang Pajak

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Oknum pegawai UPT Samsat Bulukumba berinisial, Ri dilaporkan atas dugaan penggelapan dana pajak kendaraan milik warga bernama Basri. Uang pajak kendaraan sebanyak Rp 2,4 juta yang diserahkan Basri kepada Ri ternyata tak disetorkan ke kas negara.
Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Bulukumba dari Fraksi Nasdem, Abd Kaab dalam rapat paripurna di DPRD Bulukumba, Rabu, 8 Agustus 2018. Dia membeberkan warga sudah membayar untuk biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun, hingga saat ini STNK yang dijanjikan tidak kunjung ada. Termasuk ganti plat kendaraan juga belum direalisasikan.
Kaab mengaku, Basri yang menjadi korban telah melaporkan kasus tersebut
ke Polres Bulukumba. “Terlapor (Ri) mengambil uang Rp 2,4 juta untuk biaya kepengurusan STNK mobil,” ujar legislator dari dapil Gantarang-Kindang yang menerima curhatan pelapor.
Kaab juga mengaku kecewa dengan sikap pejabat di Samsat Bulukumba yang tak merespons positif dan terkesan lepas tangan. “Semestinya Samsat tidak boleh lepas tangan. Apalagi oknum biasa duduk di dalam kantor Samsat mengerjakan adminitrasi,” sesalnya.
Dia juga mencurigai, aksi penipuan tersebut tidak hanya dilakukan kepada satu orang. Bahkan dia mencurigai dana pajak kendaraan bermotor yang seharusnya disetor ke kas negara, malah mengendap dikantong pribadi. Hal tersebut dianggap menjadi salah satu penyebab rendahnya pemasukan daerah.
“Kalau dihitung-hitung, jumlahnya bisa mencapai ratusan juta rupiah,” bebernya.
Kanit Regident Samsat Bulukumba, Ipda Arifin Nu’mang, yang dikonfrimasi menanggapi dingin persoalan tersebut. Menurutnya, tindakan Ri tidak ada hubungannya dengan Samsat. Apalagi, status kepegawaian Ri hanya pegawai harian lepas atau PHL.
“Hari ini bekerja, besok boleh jadi tidak masuk kerja, namanya pegawai harian lepas,” terangnya. (jar/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!