557 Bacaleg Lolos DCS, KPU Persilahkan Masyarakat Berikan Sanggahan  – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

557 Bacaleg Lolos DCS, KPU Persilahkan Masyarakat Berikan Sanggahan 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba menetapkan Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk pemilihan anggota DPRD Bulukumba sebanyak 557 orang. Namun 20 lainnya dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul mengungkapkan, 557 DCS ditetapkan dari 577 Bacaleg yang diserahkan oleh 15 Partai Politik (Parpol). Sebanyak 20 orang di antarnya dinyatakan TMS karena tidak memenuhi syarat sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif.
“Saya tidak hafal detailnya partai apa saja. Yang pasti 20 yang TMS. Yang jelas ada dokumen yang tidak dilengkapi di masa perbaikan dan syarat lain yang tidak dipenuhi,” jelasnya.
Selama masa pengumuman 12-14 Agustus 2018, kata Syamsul, masyarakat diberikan kesempatan memberikan tanggapan terhadap nama bacaleg yang masuk DCS hingga 21 Agustus. Hanya saja disarankan agar masyarakat yang memasukkan sanggahan untuk melengkapi indentitas diri.
“Silahkan ke KPU ada kotak saran, tapi harus nama yang jelas, jangan seperti surat kaleng. Makanya sialahkan dilihat baik-baik nama-nama bacaleg yang sudah kita umumkan di DCS,” imbaunya.
Syamsul menambahkan, untuk bisa memproses tanggapan masyarkat harus disertai bukti dan dokumen pendukung. Agar bisa menjadi dasar dalam menguatkan bersyarat atau tidaknya bacaleg yang dimaksud.
“Kalau kuat dan ada pelanggaran atau hal lain yang ditemukan masyarakat silahkan disertakan dokumennya. Kalau terbukti, bisa saja kita TMS-kan,” jelasnya.
Komisioner KPU lainnya, Wawan Kurniawan menambahkan, setelah pengumuman DCS, saat ini pihaknya tengah mengodok perbaikan data pemilih sebelum digelar rapat pleno DPT.

 

 

“Intinya waktu yang ada silahkan berikan tanggapan dan diajukan ke KPU jika ada nama bacaleg yang masuk DCS tapi bermasalah. Kenapa kita minta tanggapan, ini bentuk pelibatan publik dalam demokrasi agar proses ini berjalan sebagaimana mestinya,” paparnya. (faj/man/b)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!