Berkah Iduladha, Rp 13,65 Miliar Berputar di Bulukumba, BAZNAS Usulkan Kampung Ternak – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Berkah Iduladha, Rp 13,65 Miliar Berputar di Bulukumba, BAZNAS Usulkan Kampung Ternak

Suasana penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Bulukumba, kemarin. Tahun ini tercatat 1.530 ekor sapi dan kambing dikurbankan di Bulukumba.
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Perayaan Iduladha 1439 Hijriah/2018 Masehi, menjadi berkah bagi masyarakat Kabupaten Bulukumba khususnya umat Muslim. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mencatat perputaran ekonomi di hari raya kurban tahun ini mencapai Rp 13,65 miliar.
Ketua BAZNAS Bulukumba, Muhammad Yusuf Shandy menjelaskan, dari data yang diterima pihaknya tercatat 1.530 hewan yang dikurbankan tahun ini. Masing-masing 1.336 ekor sapi dan 194 ekor kambing.
“Asumsinya, jika harga rata-rata sapi yang dikurbankan sekitar Rp 10 juta rupiah, maka total uang yang berputar di Bulukumba ini Rp 13,36 miliar. Sementara kambing dengan asumsi Rp 1,5 juta per ekor, maka uang yang berputar kira-kira Rp 290 juta. Jadi totalnya kira-kira Rp 13,65 miliar,” paparnya, Rabu 22 Agustus kemarin.
Kondisi ini, lanjut Yusuf Shandy, menunjukkan perkembangan positif bagi perekonomian di Bulukumba khsusunya. Dampaknya dirasakan langsung oleh peternak, pedagang, hingga warga penerima daging kurban.
“Dengan berkurban, Allah akan berikan tambahan dan keberkahan dalam harta kita. Bagi peternak dan pedagang hewan kurban, tentu mereka juga mendapatkan keuntungan langsung,” jelasnya.
Selain itu, mantan presenter berita salah satu televisi swasta nasional ini, angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding perolehan dana zakat fitrah pada bulan Ramadan lalu. Melihat tingginya minat berkurban masyarakat, Bulukumba disarankan untuk membentuk Kampung Ternak yang khusus menyediakan hewan kurban, seperti sapi, kambing untuk akikah, dan kebutuhan lainnya.
“Dengan begitu, banyak peternak yang akan tertolong. Perputaran uang antara para peternak dan orang kaya pun akan semakin menggeliat,” kata Yusuf Shandy.
Lulusan Perguruan Tinggi Islam Al Azhar Kaior Mesir ini mengilustrasikan, jika keuntungan langsung yang diperoleh sebanyak 10 persen, maka setidaknya para pedagang dan peternak mendapatkan in come tambahan sebanyak Rp 1,3 miliar di bulan Dzulhijjah. Sehingga sudah seharusnya perayaan Idulkurban diorganisir dengan baik oleh pemerintah atau pun lembaga masyarakat lainnya.
“Semoga yang berkurban Allah berikan balasan terbaik dan berkah berlimpah. Bagi yang belum, mari berusaha sambil menabung semoga tahun depan semakin banyak yang ikut berkurban,” harap Yusuf Shandy. (*)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!