Di Acara Pencanangkan Kampung KB, Bupati Janjikan Perbaikan Jalan di Desa Tugondeng – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Di Acara Pencanangkan Kampung KB, Bupati Janjikan Perbaikan Jalan di Desa Tugondeng

KAMPUNG KB. Pemerintah Kabupaten Bulukumba kembali melaksanakan Pencanangan Kampung KB dan Pelayanan Bakti Sosial Bayangkara KB Kesehatan. Kali ini di Desa Tugondeng, Kecamatan Herlang, Kamis, 23 Agustus 2018. 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba kembali melaksanakan Pencanangan Kampung KB dan Pelayanan Bakti Sosial Bayangkara KB Kesehatan. Kali ini di Desa Tugondeng, Kecamatan Herlang, Kamis, 23 Agustus 2018.

Acara yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk ini berlangsung di Dusun Bonto Sura, Desa Tugondeng dihadiri langsung Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali beserta beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah diantaranya Dinas PUPR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan Bappeda.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bulukumba, Khalik Rauf menyampaikan bahwa Kampung KB merupakan arahan presiden agar program KB dapat menggema kembali di Indonesia, karena program ini merupakan penjabaran dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu Kita Membangun Indonesia dari Pelosok.

 

Penentuan Desa Tugondeng yang jumlah penduduknya lebih dari 4.000 jiwa ini telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Kampung KB mengingat desa ini masih sangat rendah tingkat keikutsertaan dalam program KB.

 

“Masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat desa serta rendahnya tingkat pendapatan masyarakat desa tersebut sehingga desa ini memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh stakeholder untuk mensukseskan program ini,” jelasnya.

 

Bupati Bulukumba, AM. Sukri Sappewali dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Bulukumba untuk terlibat aktif bersama sama dalam melaksanakan program yang dapat mensukseskan program Kampung KB.

 

Untuk mensukseskan itu ia memboyong beberapa kepala dinas untuk melihat langsung kondisi Desa Tugondeng. “Jangan hanya tinggal diam di kantor, terjun langsung ke lapangan, sehingga bisa kita liat dan rasakan apa yeng menjadi persoalan masyarakat kita. Di sini hadir yang mewakili Bappeda, sehingga bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan prioritas di desa ini, singkronkan dengan apa yang menjadi hasil musrembang tingkat desa sampai kecamatan,” harapnya.

 

Selanjutnya untuk memastikan pemerataan pembangunan pihaknya telah menggelontorkan dana yang besar untuk pembangunan di desa. Tahun ini ADD sudah hampir mencapai 2 miliar yang bertunjuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Untuk itu ia juga berpesan kepada seluruh pihak, terkhusus Pemerintah Desa Tugondeng agar  melibatkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama dalam proses pembangunan.

 

“Semua program dan kegiatan wajib melibatkan masyarakat setempat, tidak boleh mengambil pekerja dari luar untuk pelaksanaan pembangunan di desa kita, sehingga masyarakat juga bisa merasakan dampak dari pembangunan di desa ini,” pesannya.

 

Terakhir untuk mendukung program Kampung KB ini, bupati juga telah memberikan dukungan pendanaan kepada pengelola/ kader KB yang terlibat langsung di lapangan sehingga mereka termotivasi untuk terus menggiatkan program Kampung KB ini. Program Pembangunan Kependudukan tersebut menjadi sangat strategis guna meningkatkan peran serta dan keterpaduan kerjasama pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat dalam penyelenggaraan program kependudukan.

 

“Kemudian apa yang menjadi aspirasi dan keluhan masyarakat seperti jalan semoga bisa kita realisasikan di tahun 2019,” paparnya

 

Diakhir acara, pada sesi dialog dengan masyarakat setempat, Bupati berjanji akan memaksimalkan dalam mengalokasikan anggaran perbaikan jalan di daerah tersebut.

 

“Akses Jalan di Tugondeng untuk menjadi prioritas pada Tahun 2019, makanya kita hadirkan hari ini Kepala Dinas PUPR dan Bappeda untuk melihat langsung kondisi jalan,”pungkasnya.

 

 

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!