Soal Penangkapan Kurir Anak Dibawah Umur, Granat Sebut Polisi Tebang Pilih – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Soal Penangkapan Kurir Anak Dibawah Umur, Granat Sebut Polisi Tebang Pilih

Firman Ghani Ketua Granat Bulukumba
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Penanganan kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan anak di bawah umur, TW (15) dan AW (17) menuai kiritikan. Polres Bulukumba yang menangani kasus tersebut dinilai tebang pilih.
Hal ini disampaikan Ketua Gerakan Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Bulukumba, Firman Ghani, menyikapi penanganan kasus tersebut. Menurutnya dalam kasus ini polisi tidak sepenuh hati membongkar jaringan narkoba yang melibatkan anak di bawah umur.
“Jadi kami mau itu yang satunya juga, yakni Wahib juga diproses, jangan cuman AA saja yang ditangkap. Padahal dalam hal ini Wahib juga berperan,” ungkapnya saat berkunjung ke redaksi Harian Radar Selatan, Rabu, 29 Agustus kemarin.
Firman mengatakan, pada dasarnya pihak keluarga tidak keberatan jika AA diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku. Namun tidak adil jika pelaku lainnya yang justru memiliki peran yang lebih besar tidak ikut diseret.
“Apalagi ini sudah jelas sekali. Kenapa penangkapan tidak dilakukan pada saat transaksi berlangsung, yakni pada saat Wahib mengambil barang sama si AA. Kenapa polisi baru muncul berselang beberapa menit setelah si Wahib pergi? Itu yang menjadi tanda tanya,” tegasnya.
Mantan aktivis mahasiswa ini menambahkan, pihaknya sangat menyayangkan presedur penangkapan yang dilakukan pihak kepolisian. Karena cara-cara yang terindikasi melanggar protap bisa saja merusak generasi.
“Apalagi kalau Wahib ini di bawah umur juga, maka dampaknya akan lebih besar lagi. Intinya sistem penangkapan yang digunakan itu tidak tepat,” kuncinya.
Menanggapi hal itu, Kapolres Blukumba, AKBP Anggi Naulifar Siregar menegaskan, tidak ada perlakuan berbeda dalam proses hukum khususnya penyalahgunaan narkoba. Termasuk dalam proses hukum yang melibatkan AA dan TW.
“Kalau kami dari kepolisian tentu berdasar pada dua alat bukti, saksi dan barang bukti. Kalau rekan-rekan Granat punya data dan bukti lengkap, kita proses,” singkatnya. (ria/man/b)
===

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!