Jaga Keberlangsungan Program JKN, Pemda Bantaeng Gelar Forum Kemitraan bersama BPJS Kesehatan – Radar Selatan

Radar Selatan

Bantaeng

Jaga Keberlangsungan Program JKN, Pemda Bantaeng Gelar Forum Kemitraan bersama BPJS Kesehatan

BANTAENG, RADAR SELATAN.CO.ID — Kegiatan Forum Kemitraan Semester II Tahun 2018 Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng di Kantor Bupati Bantaeng pada Rabu (08/08), merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah sesuai dengan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 dalam menjamin keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

 

 

Gelaran forum ini membahas mengenai perluasan cakupan kepesertaan JKN-KIS dengan mengintegrasikan Jamkesda agar tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Daerah dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta JKN, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba, Komisi C DPRD Kabupaten Bantaeng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng, Kepala BKPSDM Kabupaten Bantaeng, Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Bantaeng, KTU RSUD Prof Dr H M Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng, Kepala Puskesmas Kota Kabupaten Bantaeng, Kepala PEBABRI Kabupaten Bantaeng, Sekretaris IDI Kabupaten Bantaeng, BPPKAD, Staf Sekda Kabupaten Bantaeng, dan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Bantaeng.

 

 

“Jumlah penduduk Kabupaten Bantaeng yang telah menjadi peserta program JKN mencapai 97,72% (190.987 jiwa) per Juli 2018, persentase pencapaian ini dilihat dari total jumlah penduduk Kabupaten Bantaeng pada semester I Tahun 2017,” jelas Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba Diah Eka Rini, Rabu (08/08).

 

 

“Pemerintah daerah tetap berkomitmen dalam keberlangsungan program UHC di Kabupaten Bantaeng,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng Abdul Wahab, SE, M.Si, Rabu (08/08).

 

 

 

Selanjutnya menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan, DPDK, M.Kes “Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng akan mengalihkan secara bertahap peserta PBPU Menunggak kelas III yang telah dilakukan proses verifikasi dan validasi data menjadi peserta PBI APBD,” Rabu (08/08).

Kegiatan Forum Kemitraan Semester II Tingkat Kabupaten Bantaeng, 2018

 

 

“Sosialisasi rujukan online dan berjenjang telah dilakukan di tingkat daerah dengan melibatkan seluruh pimpinan OPD, camat, desa, lurah, dan puskesmas Kabupaten Bantaeng, dan hingga saat ini masih tetap dilaksanakan pada desa dan kelurahan serta instansi secara bertahap. Sistem rujukan online dan berjenjang berbasis kepada kompetensi, jarak, dan tipe Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan/Lanjutan. Peserta yang membutuhkan penanganan lanjutan akan dirujuk oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan/Lanjutan (klinik utama) sesuai kompetensi yang tersedia di Faskes tersebut,” tambah Diah Eka Rini, Rabu (08/08).

 

 

Dalam kesempatan yang sama dipertegas kembali bahwa penjaminan pelayanan bayi baru lahir, katarak, dan rehabilitasi medik tetap dijamin oleh BPJS Kesehatan dengan memperhatikan standarisasi pelayanan yang direkomendasikan oleh persatuan dokter ahli yang terkait (IDAI, PERDAMI, PERDOSRI), serta kemampuan bayar BPJS Kesehatan tanpa mengurangi mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN. **(BTG/fa)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!