Pemkab Gowa Bentuk Layanan Bank Sampah – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Pemkab Gowa Bentuk Layanan Bank Sampah

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa , H. Muchlis.
GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Pemerintah kabupaten (Pemkab) Gowa membentuk layanan Bank Sampah dalam rangka penanganan dan pengelolaan sampah di kabupaten Gowa.
Menurut Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Gowa, H Muchlis dengan adanya layanan bank sampah yang dapat dikelola dengan secara otomatis akan mewujudkan daerah yang lebih hijau, asri dan nyaman bagi masyarakatnya.
Bentuknya pun dapat dilakukan dengan bekerjasama berbagai pihak dalam membentuk layanan bank sampah. Salah satunya Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang ada di setiap kelurahan.
“Jika kota atau daerah kita bersih dari sampah termasuk sampah rumah tangga. Maka pastinya bukan hanya kita dapat meraih Adipura, tapi juga mendorong peningkatan wisatawan ke Gowa dan itu akan memacu pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya saat dikonfrimasi, Rabu (12/9) kemarin.
H Muchlis menjelaskan, bahwa untuk mencapai target ini, maka semua unsur harus bergerak dengan cepat dan serius. Bahkan ini bisa disinergikan dengan program Kota Tanpa Kumuh (KotaKu) yang telah digalakkan di Kecamatan Somba Opu.
“Kami sudah memberikan imbauan kepada seluruh Camat dan desa untuk mengadakan satu motor gandeng bagi setiap desa. Bahkan lebih aman lagi satu dusun satu motor gandeng,” jelasnya.
H Muchlis menambahkan bahwa dengan adanya layanan bank sampah maka seluruh sampah-sampah rumah tangga akan terpilah-pilah, semua yang tidak bisa terurai, yang plastik, naik di motor gandeng, bawa ke bank sampah di desa, setelah di desa kemudian dibawa lagi ke bank desa kabupaten. (*) Hendra.

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!