Korupsi Dana Bergulir, Ketua dan Sekretaris UPK Kajang Ditetapkan Tersangka – Radar Selatan

Radar Selatan

Bulukumba

Korupsi Dana Bergulir, Ketua dan Sekretaris UPK Kajang Ditetapkan Tersangka

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Kasus dugaan korupsi Program PNPM dana bergulir Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Kajang, memasuki babak baru. Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Bulukumba, menetapkan dua tersangka, yakni Ketua UPK, Muh. Asri dan Sekretarisnya, Syahwan.
Kapolres Bulukumba melalui Kanit Tipikor, Bripka Muh Ali, yang dikonfirmasi membenarkan penetapan tersangka tersebut. Menurutnya, penyidik telah memiliki cukup bukti untuk meningkatkan proses hukum ke penyidikan.
“Betul sudah kita tahan dan telah dilakukan penahanan. Masih dalam proses pemberkasan sebelum diserahkan ke kejaksaan,” jelasnya, Kamis, 13 September 2018.
Ali mengakui, penetapan keduanya sebagai tersangka setelah dilakukan gelar perkara beberapa pekan lalu. Dari hasil pemeriksaan sejumlah saksi dan barang bukti yang ada, ditemukan adanya indikasi perbuatan melawan hukum yang mengarah kepada kedua tersangka.
Selain itu, hasil audit BPKP menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp 397 juta dari total anggaran kegiatan sebesar Rp 1,1 miliar. Berdasarkan petunjuk teknis yang ada, program bantuan tersebut diperuntukkan bagi kelompok perempuan kurang mampu untuk modal usaha.
Namun dalam pelaksanaannya ditemukan adanya indikasi penyalahgunaan wewenang dan anggaran yang mengarah pada tindak pidana korupsi. Dana yang seharusnya digunakan untuk kelompok usaha, ternyata tidak tepat sasaran.
“Pada proses penyalurannya seharusnya diberikan kepada kelompok perempuan yang tidak mampu. Tapi oleh UPK diberikan kepada orang yang mampu dan pembayaran bunga dari kelompok penerima sebagian tidak di setor ke kas UPK, melainkan dipergunakan pribadi oleh ketua dan sekretaris UPK,” terang Ali. (faj/man/b)
—————–

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!