Radar Selatan

Bulukumba

Polres Bulukumba Tangkap Penyebar Hoax dan Hate Speech

pelaku penyebar berita hoax dan ujaran kebencian diciduk polisi

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.iD — Jajaran Polres Bukukumba, melalui Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Reskrim Polres Bulukumba, mengamankan pelaku terduga penyebaran informasi hoax dan ujaran kebencian (Hate Speech).

Pelakunya adalah IS (15), anak dibawah umur yang merupkan warga Desa Sangkala, Kecamatan Kajang, Bulukumba. Ia diamankan pada Senin malam di Desa Jojjolo, Kecamatan Bulukumpa, 8 Oktober 2018.

“Sedang kita periksa apa motifnya dia membuat status yang meresehkan masyarakat itu, ia mengakui perbuatannya,”jelas Kasat Reskrim Polres Bululumba, Iptu Deki Marizaldi, Selasa 9 Oktober 2018.

Kapolres Bulukumba, AKBP M Anggi Nualifar Siregar, mengatakan diamankannya pelaku penyebar hoax dan ujaran kebencian diharapkan menjadi pembelajaran kepada seluruh pihak untuk bijak dalam menggunakan media sosial, ia juga mengimbau agar berita atau informasi yang berseleweran di sosial media yang belum bisa di pertanggungjawabkan aga tidak dikonsumsi begitu saja.

“Harus bijak, berita-berita juga di online atau status orang, dikonsumsi baik-baik di analisa dulu, dibaca baik-baik. Jangan asal dibagikan,”imbau Mantan Kapolres Sidrap ini.

Sekedar menginformasikan IS diamankan karena diduga pemilik akun Facebook ICCA I-CA, dalam postingannya membuat status atau komentar hoax yang mengarah ada ujaran atau kalimat kebencian sehingga membuat sebagian masyarakat panik dan menimbulkan gejolak bagi pengguna sosmed. Pada postingan akun ICCA I-CA, menuliskan status, Yesss Gempaki Bulukumba Amin.

Sontak status tersebut membuat pengguna sosmed berang dengan ulah pelaku. Polisi yang mendapatkan informasi tersebut kemudian melakukan penelusuran dan berhasil mengamankan pelaku. (fajar).

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!