Radar Selatan

Bantaeng

Angkat Budaya Bulukumba Film ‘Dendang Bantilang’ Juara Nasional 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Festival Film Puskat 2018 mengangkat tema “Mencari Keadilan, Membangun Budaya Damai”. Lomba film pendek ini diselenggarankan kali keempat menghimpun 76 Karya dari berbagai Provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa barat, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, NTB dan Sulawesi Selatan.

Jumlah peserta yang mengikutkan karya film pendeknya tahun ini lebih meningkat dibanding tahun lalu. Komposisi tahun ini 31 film dokumenter dan 45 film cerita, dan diseleksi menjadi 6 Film Cerita & 6 Film Dokumenter.

Sebelum malam puncak penganugerahan, Nominator diundang untuk mengikuti Master class selama dua hari yang menghadirkan kedua narasumber berkompeten dibidangnya yakni Yudi Datau pengarah sinematografi terbaik FFI untuk film GIE, DILEMA, dan 5cm, kemudian yang kedua BW. Purbanegara penulis naskah, sutradara, produser, film Ziarah (2016), best screenplay ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017.

Penganugerahan pemenang Lomba Film Pendek yang diadakan Studio Audio Visual (SAV) Puskat ini berlangsung di Balai Budaya Sinduharjo (kantor Puskat), Yogyakarta, 14 Oktober 2018 lalu.

Film karya M. Ikhwan berasal dari makassar itu berjudul Dendang Bantilang berhasil meraih juara 1 dan juara kedua film yang diproduksi dari FFTV Institut Kesenian Jakarta berjudul kertas merah dan yang juara 3 diproduksi dari bengkulu berjudul 15.7 km.

M Ikhwal selaku sutradara Film Dendang Bantilang mrnjelaskan kalau film terdebut berkisah dari seorang anak kecil yang selalu diperhadapkan dengan situasi ditinggalkan dan hingga pada khirnya hanya dialah yang tersisa untuk menlanjutkan warisan leluhurnya dalam “spirit” pembuatan perahu pinisi.

“Alhamdulillah film yang kita buat mengangkat budaya Bulukumba di apresiasi oleh banyak kalangan,”katanya.

Menurut sutradara film pendek tersebut, M Ikhwan, Dendang Bantilang ini juga sementara mengikuti Himafisi Film Festival Jember 2018 dan UMN Animation & Film Festival (UCIFEST). (faj).

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!