Radar Selatan

Bulukumba

Bantuan Alat Mesin Pertanian  Diduga Hanya Dikuasi Ketua Poktan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN CO.ID — Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah diduga tidak tepat sesaran. Sararana pertanian yang seharusnya dimanfaatkan untuk petani ditengarai hanya digunakan oleh oknum tertentu khususnya ketua kelompok tani.
Petani asal Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Sakka (30) mengaku sebagai salah satu petani yang kecewa dengan sistem pengelolaan alsintan bantuan pemerintah. Pasalnya, anggota kelompok tani justru harus mengeluarkan biaya jika ingin memanfaatkannya.
“Saat pengusulan bantuan seluruh anggota kelompok dilibatkan, kami dimintai KTP (Kartu Tanda Penduduk). Tapi saat bantuan turun, justru kami selaku anggota kelompok tidak bisa menggunakan dengan berbagai alasan,” bebernya.
Sakka berharap, pemerintah melakukan eveluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan bantuan alsintan kepada kelompok tani. Jika tidak, dipastikan seluruh bantuan hanya dirasakan oleh sekelompok orang tertentu.
“Saya hanya salah satu petani yang merasakan kondisi ini, belum lagi yang lain. Dan memang hampir semua kondisinya sama. Harusnya pemerintah atau pihak yang berwenang melakukan evaluasi,” pintanya kecewa.
Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali yang dikonfirmasi mengaku telah menerima laporan terkait hal tersebut. Ia berjanji akan memerintahkan instansi terkait untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani.
“Sudah ada beberapa laporan dan keluhan masyarakat yang sampai ke saya, makanya saya minta dinas terkait untuk melakukan pengecekan. Karena namanya bantuan untuk kelompok tani bukan hanya untuk perorangan namun untuk semua anggota dalam kelompok tani,” tegasnya.(one/man/c)
—————

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!