Radar Selatan

Bulukumba

Bulukumba Go Digital

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba akan meresmikan mobil layanan kependudukan. Upaya tersebut sebagai langkah awal menuju “go digital”.

Kepala Disdukcapil Bulukumba, Mulyati Nur membeberkan, rencananya mobil layanan kependudukan diresmikan pada peringatan HUT Bulukumba, 4 Februari 2020 mendatang. Rencananya Mobil Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini beroperasi di sembilan kecamatan dalam mempermudah masyarakat Bulukumba memenuhi administrasi kependudukannya.

“Kendaraan operasional itu sebagai inovasi dalam pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil,” ungkapnya.

Mobil Layanan Kependudukan keliling ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Bulukumba yang diserahkan beberapa waktu lalu melalui Wakil Bupati Bulukumba, Tomy S Yulianto. Di tahun 2020 Disdukcapil terus bergerak dan segera merealisasikan go digital. Yakni seluruh pelayanan tanda tangan administrasi kependudukan dan akta lainnya sudah menggunakan TTE (Tanda Tangan Elektronik).

Seperti diketahui, Disdukcapil merupakan salah satu OPD yang berprestasi di Bulukumba. Sederetan penghargaan yang diterima di 2019 yakni Inovasi Layanan Publik Top 20  LARAKU NYATA dan Top 29 Adminduk Inklusif oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

“Soal Persentase capaian Disdukcapil pernah melebihi 100 persen dalam merekam administrasi kependudukan usia yang menjelang 17 tahun,” ujarnya. (jar/has

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!