Radar Selatan

Bulukumba

Bupati Bulukumba Usulkan  3.000 Haktare Alih Fungsi Kawasan Hutan 

JAKARTA, RADAR SELATAN.CO.ID — Bupati Bulukumba A. Sukri Sappewali menghadiri Uji Konsistensi Hasil Sementara Penelitian Terpadu Perubahan Peruntukan dan Fungsi Kawasan Hutan dalam rangka Review RTRW Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Rapat yang berlangsung di Hotel Ibis Jakarta, Senin 5 November 2018,  ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah, beserta 17 Kabupaten/Kota Pengusul Alih Fungsi Lahan Hutan di Wilayah Sulawesi Selatan.

Gubernur Sul Sel Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa RTRW Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sudah berusia 9 Tahun sehingga perlu adanya penyesuaian dibeberapa sektor dan kawasan, Sektor Kehutanan merupakan bagian penting dalam Review Perda No 9 Tahun 2009 ini karena ditemukan adanya beberapa perencanaan yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi / kenyataan dilapangan.

 

“Dengan Review RTRW ini diharapkan mampu menjamin keberlangsungan implementasi dilapangan dan pencapaian pembangunan jangka panjang,”jelasnya.

 

Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Sigit Hardwinarto, berharap apa yang dilaksanakan dapat mewujudkan Terselenggaraanya Penataan Ruang Yang Transparan, Efektif dan Partisipatif serta Terwujudnya Ruang Yang Aman, Nyaman, Produktif dan Berkelanjutan.

“Gubernur Sul Sel ini adalah sahabat saya, sehingga saya tau betul dengan jiwa beliau yang paham betul tentang pengelolaan kehutanan. Prof Nurdin ini adalah ahlinya Kehutanan, jadi saya yakin Sul Sel akan lebih maju dalam hal pengelolaan kawasan hutannya,”katanya.

 

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali pada kesempatan itu mengajukan 3.000 Haktare diusulkan untuk dialih fungsikan menjadi fasilitas umum dari 10.000 Ha areal hutan yang ada di Kabupaten Bulukumba.

 

“Kami sangat mendukung Review RTRWP Sul Sel yang sementara dalam proses Uji Konsistensi, olehnya itu kami hadir disini untuk membicarakan kondisi hutan diwilayah kita. Betul itu apa yang disampaikan oleh Pak Gubernur, Sudah Banyakmi Hutan Kita yang telah berubah / beralih fungsi,”katanya.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau kondisi hutan saat ini yang ada di Bulukumba telah beralih fungsi diantaranya menjadi jalan, Ada yang jadi sekolah, Ada yang jadi Mesjid dan ada pula yang sudah jadi kawasan permukiman.

 

“Jadi kami berharap, Tim yang telah bekerja saat ini untuk betul-betul melihat kondisi langsung dilapangan, sehingga apa yang kami usulkan dapat diakomodir, kita tidak ingin dibelakang hari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau terjadi masalah terkait wilayah hutan kita,”ujarnya.

 

Dalam hal ini Bupati mengaku telah memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba untuk mengawal dengan baik usulan Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

 

“Jelaskan secara detail kepada Tim mengenai kondisi wilayah hutan kita, karena kita yang selama ini yang bertugas menjaga dan mengelola hutan yang ada di Kabupaten Bulukumba,”pungkasnya.

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!