Radar Selatan

Bulukumba

Dipelantikan JOIN, Bupati Bulukumba: Jurnalis Profesi Mulia

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pengurus DPD Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Bulukumba resmi dikukuhkan dan dilantik di ruang pola, Jumat 12 Oktober 2018.

Dari pantuan RADAR SELATAN pelantikan tersebut dihadiri Bupati Bulukumba, diwakili Asisten III Pemkab Bulukumba, Syamsul Mulhayat, Ketua DPW Join Sulsel, A Rifai Managkasi, Dewan Pembina DPW Join yang juga wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Yusran Sopyan, dan puluhan tamu undnagan lintas organisasi dan profesi.

Sebanyak 22 orang pengurus DPD Join Bulukumba resmi dilantik Ketua Harian DPW Join Sulsel, Arry Abdi Syalwan, yang membacakan ikrar dan sumpah pengurus.

Ketua JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi dalam sambutannya kepengurusan DPD Join Bulukumba diwakili jurnalis-jurnalis muda penuh talenta. Selain itu ia juga berharap agar pengurus DPD Join Bulukumba dapat mengedukasi pembaca berita yang datang dari berbagai profesi.

“Karena fungsi media juga sebagai wadah mengedukasi pembaca makanya wartawannya juga harus tuntas di pendidikan, tidak hanya lulusan SMA, tapi juga S1. Bahkan kita akan bantu biaya beasiswa pengurus Join yang mau lanjut S1 dan S2, kenapa begitu? karena yang baca tulisan kita ada yang S2 bahkan S3,”jelasnya.

Ketua Panitia Pelantikan Pengurus DPD Join Bulukumba, Akbar Wahyudi dalam sambutannya mengatakan kehadiran Organisasi Join di Bulukumba diharapkan menjadi wadah profesi yang profesional dengan tujuan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Sekaligus ini sebagai bentuk penegasan bahwa Wartawan atau jurnalis bukanlah profesi yang taunnya mencari kesalahan tapi sebagai alat kontrol sosial, tapi kehadiran media menjadi salah satu alat penentu keberlangsungan pemerintahan,”katanya.

Ketua Join Bulukumba, Saiful Hasbi, mengatakan kehadiran Join sebagai wadah berhimpun bagi sejumlah wartawan media online di Bulukumba yang bertujuan akan mengawal sistem pemerintahan dan sosial kemasyakatan di Bulukumba melalui tulisan dan pemberitaan yang mengedukasi tanpa melanggar kaidah etik jurnalis, UU 1945 dan UU pers.

“Salah satu program kerja yang akan kita laksanakan adalah camping jurnalis, mohon kerjasama semua pihak untuk keberlangsungan organisasi Join,”harapnya.

Terpisah, Bupati Bulukumba dalam sambutannya yang di wakili Asisten III, Syamsul Mulhayat, mengatakan kehadiran Join dan jurnalis di Bulukumba ikut menghadirkan pemerintahan yang bersih melalui pemberitaan. Menurutnya Jurnalis adalah pekerjaan yang mulia karena merupakan profesi yang profesional dalam melakukan proteksi, sekaligus merupakan alat kontrol yang kuat dalam sistem kehidupan khususnya dalam pemerintahan.

“Media adalah salah satu kekuatan kontrol yang kuat. Ia meluruskan kesalahan, menyampaikan kebenaran berbasis data, jurnalis itu profesi mulia maka lakukan tugas dengan baik, presepsi publik banyak dipengaruhi oleh tulisan jurnalis, “katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan profesi jurnalis memiliki andil dalam mengsejahterakan rakyat dan memperbaiki Kinerja pemerintahan untuk publik. Meski begitu, ia berpesan agar kehadiran media online tetap berpedoman pada kode etik dan UU pers.

“Saya ingatkan untuk teman-teman media online jangan hanya mengejar kecepatan pemberitaan saja. Tapi harus mengacu pada ketepatan informasi, jangan mengabaikan aspek kaidah jurnalistik yakni konfirmasi dan klarifikasi pada pihak pihak yang berwenang, harus tetap bisa di pertanggung jawabkan,”pesannya. (faj).

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!