Radar Selatan

Gowa

Disdik Bagikan SK 2.715 Guru Honorer

Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Dr Salam.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa membagikan SK kepada 2.715 guru honorer. SK ini bisa digunakan untuk mengurus Nomor Urut Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) sebagai syarat untuk bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Gowa, Dr Salam saat dikonfirmasi, Minggu (21/10). Menurutya, para honorer guru ini awalnya diperjuangkan oleh Pemkab Gowa untuk mendapatkan SK Bupati.

Namun pemberian SK Bupati tersebut tidak dibenarkan oleh ketentuan peraturan. Sehingga berdasarkan arahan Mendikbud, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pun mencari solusi agar para guru honorer di Gowa tetap terjamin kesejahteraannya.

“Pak Bupati sangat prihatin atas nasib para honorer guru ini sehingga beliau mengarahkan kami (Disdik) untuk mencari solusi tepat agar para guru honorer bisa mendapatkan sertifikasi tersebut,” ujarnya.

Salam mengatakan, bahwa Bupati Gowa sudah melakukan koordinasi dengan Kementrian dan mengarahkan agar para guru honorer itu dibuatkan surat tugas saja bukan SK.

“Sebab jika SK maka akan membebani Pemkab terkait pembayaran honorer mereka dalam APBD. Tapi kemudian terbit lagi regulasi baru yang lebih tidak memberatkan tugas pak Bupati dimana regulasi yang dikeluarkan Kemendikbud ini menjelaskan bahwa tidak perlu SK Bupati tapi cukup melalui SK Kadisdik kabupaten saja,” katanya.

Berdasarkan regulasi itulah, kini pihaknya mengeluarkan SK itu dan telah membagikannya kepada 2.715 guru honorer secara bertahap.

“Iya Kasubag Kepegawaian Disdik Gowa telah membagikan mulai Rabu kemarin. Tapi karena kondisinya tidak memungkinkan melakukan pelayanan terhadap ribuan guru honorer itu maka yang diutamakan adalah guru honorer yang akan mengikuti PPG (pendidikan profesi guru) sebab penyetoran berkas berakhir 20 Oktober ini. Jadi yang lain kita bagikan SK nya melalui kepala sekolahnya untuk yang SMP dan Korwilnya untuk yang SD,” jelas Dr Salam.

Salam menambahkan, guru honorer Gowa yang mengikuti seleksi PPG sebanyak 138 orang meliputi guru SD 99 orang, SMP 32 orang dan TK 7 orang. Para guru honorer in dinyatakan lulus namun mereka harua menyetorkan SK Kadisdik Gowa sebagai persyaratan untuk mendaftar pengsertifikasian. Sementara yang lain menunggu giliran masuk seleksi PPG. (*) Hendra.

 

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!