Radar Selatan

Bulukumba

Disdukcapil Kehabisan Ribbon dan Blangko

Pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Bulukumba tetap berjalan normal meskipun tidak langsung mencetak KTP elektronik.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba tidak melakukan pencetakan KTP elektronik. Pasalnya, ribbon (tinta) mesin pencetak dan blangko KTP habis.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bulukumba, Andi Muliaty Nur mengatakan, kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Untuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan warta, pihaknya menerbitkan surat keterantan (suket) sebagai pengganti sementara e-KTP.
“Sejak beberapa hari ini memang blangko dan tinta habis, sehingga kami terpaksa kami mengeluarkan suket,” terangnya dikonfirmasi, Rabu 9 Januari.

Hingga saat ini, lanjut Andi Muliaty, Disdukcapil masih menunggu stok ribbon dan blangko KTP elektronik dari Kementerian Dalam Negeri dan perusahaan pemenang tender. Informasinya bahan tersebut akan dikirm pada akhir Januari.
“Ini menjadi salah satu indikator bahwa masyarakat Bulukumba mulai sadar pentingnya adminduk khususnya KTP elektrontik. Kkarena blangko dan tinta di Disdukcapil sampai habis,” tuturnya.

Sementara salah seorang warga ditemui di Kantor Disdukcapil, Ratna berharap blangko dan tinta segera dipenuhi. Pasalnya, warga sangat membutuhkan KTP elektronik untuk pengurusan administrasi lainnya.
“Jangan sampai nanti yang sudah mengantre diabaikan lagi dan KTP-nya lama baru dicetak. Sementara yang baru perekaman saat blangko ada itu yang diutamakan.” pintanya. (ria/man)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!