Dua Ekor Kuda dan Satu Unit Motor Ikut Terbakar

by
SISA PUING. Puing-puing bekas kebakaran yang melanda sebuah rumah panggung di Dusun Parang I, Desa Allu Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, ludes terbakar, Selasa, 14 Januari 2020.

JENEPONTO, RADAR SELATAN — Dua ekor ternak kuda dan satu unit motor ikut dilalap sijago merah dalam peristiwa kebakaran sebuah rumah semi permanen milik Hamang (55) di Dusun Parang I, Desa Allu Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto Selasa, 14 Januari 2020.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul mengatakan, kebakaran itu terjadi saat pemilik rumah tengah berangkat menuju ke Kabupaten Bantaeng dengan tujuan mengambil rumput untuk makanan kuda.

Kebakaran itu, kata Syahrul, pertama kali dilihat oleh saksi bernama Daeng Liwang (60). Pria yang menyaksikan itu sedang melintas dan berteriak meminta tolong kepada warga setempat.

“Daeng Liwang, (60) tahun, melintas dan berteriak meminta tolong kepada warga setempat untuk memadamkan api dengan alat seadanya,” jelas AKP Syahrul.

Perwira berpangkat tiga balok itu mengungkapkan, api terlanjur membesar pada bagian ruang tamu. Harta benda pun tak bisa diselamatkan.

“Di rumah korban yang terlihat api sudah membesar di bagian ruang tamu dan tidak bisa lagi menyelamatkan harta benda korban,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan saksi, diperkirakan api berasal dari dapur. Dugaan sementara korban kebakaran tersebut lupa mematikan kompor gas.

“Saksi memperkirakan api berasal dari dapur yang kemungkinan besar korban memasak nasi dan lupa mematikan kompor gas, pada saat meninggalkan rumahnya menuju ke Bantaeng untuk mencari rumput sebagai makanan kuda,” terang Syahrul.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lima unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Jeneponto dikerahkan menuju TKP untuk memadamkan kobaran api.

Meski peristiwa kebakaran tersebut tidak menelan korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (sid/has