Radar Selatan

Ragam

Empat Kabupaten di Selatan Sulsel Terima Adipura

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengundang Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan untuk menerima Piala Adipura Senin, 14 Januari 2019 di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat.
Di Sulsel tercatat ada 14 kabupaten/kota menerima Piala Adipura atas keberhasilannya dalam menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan memberikan secara langsung Piala Adipura.
Ke 14 kabupaten/kota itu masing-masing, Parepare, Takalar, Bulukumba, Palopo, Maros, Luwu Timur, Sidrap, Pinrang, Barru, Bantaeng, Wajo, Pangkep, Soppeng dan Sinjai.
Khusus di wilayah Selatan-selatan Sulsel, empat kabupaten ikut ambil bagian dalam penganugerahan Adipura itu masing-masing Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Takalar.

Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai akan menerima Piala Adipura, sedangkan Kabupaten Takalar akan menerima sertifikat Adipura.
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mengungkapkan jika Piala Adipura kembali ke tempat yang seharusnya. Pemerintah bersama masyarakat dengan berbagai upaya mempertahankan pengelolaan lingkungan yang baik.

“Kabupaten Bulukumba memiliki komitmen di bidang kebersihan dan keindahan. Saya melihat penghargaan Adipura kembali ke Bulukumba merupakan kerja keras bersama dan ini bisa tercapai karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk hidup bersih,” ujarnya.
Lanjutnya, Piala Adipura ini akan dipersembahkan kepada masyarakat yang semakin peduli hidup bersih. Piala dijadikan motivasi untuk terus bergerak dan mewujudkan agenda Bulukumba yang bersih, sehat dan tidak memproduksi sampah berlebihan. Dia juga mengajak untuk menggunakan tumbler untuk mengurangi sampah melalui gerakan Bulukumba Membawa Tumbler yang telah dikampanyekan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 lalu, Kabupaten Bulukumba gagal mendapat penghargaan Adipura dikarenakan masih banyaknya indikator penilaian yang belum dipenuhi.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai, Arifuddin mengaku telah menerima surat telegram tentang penyerahan Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya yang ditujukan Kepada Bupati Sinjai.

Bupati Sinjai melalui Kasubag Publikasi dan Hubungan Media, Humas Setdakab Sinjai, Usman Balo yang dikonfirmasi mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh pihak dan seluruh masyarakat Sinjai terkhusus kepada satgas kebersihan Sinjai.
“Alhamdulillah ini adalah penghargaan yang luar biasa bagi pemerintah Kabupaten Sinjai dan seluruh masyarakat Sinjai, karena dari sekian tahun Sinjai baru kembali mendapat penghargaan ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Usman mengajak semua pihak untuk menjadikan prestasi ini sebagai pemantik dalam membangun kesadaran, serta menjadikan ini sebagai budaya hidup sehat dan bersih, serta mencintai lingkungan kita, dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat.
“Ini adalah penghargaan pertama di tahun 2019, semoga ini awal yang baik bagi pemerintah dan masyarakat Sinjai dalam membangun kebersamaan,” tukasnya. (jar-mul/has)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!