Radar Selatan

Bulukumba

Pemda Bentuk Tim Investigasi Kasus Dugaan Pemalsuan Dokumen

Tomy Satria Yulianto

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba menindaklanjuti dugaan pemalsuan dokumen kependudukan yang dilakukan Kepala Desa Lembang dan Plt Camat Kajang. Melalui Asisten I, Pemkab Bulukumba memerintahkan untuk membentuk tim investigasi.
Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto menerangkan bahwa saat ini pihaknya telah memerintahkan Asisten I untuk membentuk tim investigasi. Tim tersebut dibentuk untuk menelisik kebenaran adanya informasi dugaan pemalsuan dokumen.

“Hari ini kita meminta Asisten 1 untuk memimpin investigasi atas dugaan pemalsuan dokumennya,” katanya, Selasa, 8 Januari 2018.
Menurutnya, jika dalam perjalanan investigasi terbukti ada pemalsuan dokumen dan itu ranah pidana maka masalah itu diserahkan ke kepolisian dan aparat penegak hukum lain untuk menindaklanjuti.
“Jika dalam prosesnya melibatkan ASN maka tentu proses pemberian sanksinya akan ditetapkan melalui BKPSDM. Hari ini baru melakukan rapat kordinatif dengan memanggil pihak terkait,” ujarnya.

Sebelumnya unjuk rasa Aliansi Pemuda Desa dilakukan di depan Kantor Bupati Bulukumba, Senin, 7 Januari 2019. Aksi sempat diwarnai bakar ban, saling dorong dan adu mulut oleh massa dan Satpol PP.
Dalam aksi tersebut, Aliansi Pemuda Desa dalam pernyataan sikapnya mendesak Kapolres Bulukumba menindak lanjuti dan memenjarakan Kepala Desa Lembang Ahmad Jamsir dan Plt Camat Kajang, H. AM. Guntur jika terbukti bersalah secara hukum.
Massa juga meminta Bupati Bulukumba segera mengambil sikap tegas dalam permasalahan sebelum menambah permasalahan baru yang lebih besar ditengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, pernyataan dan surat keterangan musibah kebakaran (rumah) dengan nomor surat 01/SKP/DLB/XI/2017 yang tidak benar keberadaannya diduga kuat dilakukan oleh Kepala Desa Lembang (Ahmad Jamsir) dan diketahui plt Camat Kajang H. AM Guntur pada saat itu menjabat sebagai Sekertaris Camat (Sekcam) Kajang. (faj/has)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!