Radar Selatan

Gowa

Pemerintah Tinggimoncong Gagas Program T’Manta.

Sosialisasi program T'Manta yang dilakukan pemerintah kecamatan Tinggimoncong.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Pemerintah kecamatan Tinggimoncong, meluncurkan program pengelolaan sampah yang dikemas dalam Bank Sampah bertagline T’Manta’ (Tangkasi Malino Ta’) atau Temanta.

Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz menjelaskan bahwa program T’Manta ini digagas dalam rangka mempersiapkan Malino sebagai destinasi wisata Nasional.

“Dalam mendukung program ini, pemerintah Kecamatan menggandeng PKK Tinggimoncong yang merupakan mitra kerja pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan keluarga di tengah masyarakat,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jum’at (5/10) kemarin.

Digagasnya Bank Sampah T’Manta’ ini kata Andry dipersiapkan untuk menyambut Malino menjadi destinasi wisata nasional.

Menurutnya, dengan adanya bank sampah ini, volume sampah di Malino yang diprediksi semakin meningkat tertutama pada hari weekend bisa lebih dikurangi.

Hal ini juga sejalan dengan program Pemkab Gowa yakni menjadikan Gowa sebagai kabupaten sehat serta menuju Malino destinasi wisata nasional.

“Jadi tahap awal dari program ini, teman-teman pemuda Malino akan fokus ke sampah kering dulu, Insha Allah kita lakukan bertahap. Setelah itu kita masuk ke tahap mengurai sampah basah. Kelurahan Malino ini kita jadikan sebagai pilot projectnya dulu setelah itu barulah kita kembangkan ke seluruh kelurahan serta desa-desa di Tinggimoncong,” tambah Andry.

Dipilihnya kata T’Manta’ atau Temanta ini, menurut Camat Andry bukan tanpa alasan. Menurutnya tagline tersebut memiliki filosofi bahwa sampah bukan musuh, tapi sampah punya manfaat ekonomis dan justru bisa mendatangkan hasil.

“Karena itu saya mengajak masyarakat di Malino untuk menjadikan sampah sebagai teman. Olahan sampah ini bisa mendatangkan potensi ekonomi serta manfaat lainnya adalah memperindah kota Malino indah dan bersih,” pungkasnya (*) Hendra.

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!