Radar Selatan

Bulukumba

Pemkab Gowa Akan Membuat Penangkaran Bibit Padi Lokal

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyanto.

GOWA, RADAR SELATAN.CO.ID –Pemerintah kabupaten (Pemkab) akan membuat penangkaran bibit padi lokal pada tahun 2019 mendatang. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan bagi petani.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyanto bahwa penangkaran bibit padi ini dibuat karena petani membutuhkan bibit yang banyak, sementara bantuan tidak bisa memenuhi semua kebutuhan petani.

“Insya Allah tahun depan kita akan buat penangkarannya di masing-masing brigade Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang telah dibentuk. Untuk lahan yang digunakan itu minimal 5 hektare per UPT, ” ujarnya.

Sugeng menyebutkan, bahwa untuk jenis kebutuhan bibit padi yang cocok untuk daerah dataran rendah dan dataran tinggi yang ada di wilayah kabupaten Gowa itu bermacam-macam jenisnya.

“Jadi jenisnya itu bermacam-macam sepetri Ciherang, cigelis, dan ciliwung. Tapi itu kami serahkan nanti ke petaninya yang mana mau mereka tanam,” ungkapnya.

Dalam mendukung pembuatan penangkaran bibit padi ini, pemkab Gowa telah membentuk enam brigade UPT yang tersebar di kabupaten Gowa.

Sugeng Priyanto menyebutkan, bahwa enam brigade UPT tersebut yakni Brigade UPT yaitu Wilayah Bonto-bonto, Wilayah Limbung, Wilayah Manuju, Wilayah Malakaji, Wilayah Kanreapia, dan Wilayah Barembeng.

“Masing-masing UPT ini kita berikan alat pertanian seperti traktor dan benih padi. Jadi bagi petani yang membutuhkan alat pertanian bisa melalui brigade UPT yang telah kita bentuk,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain traktor dirinya membeberkan bantuan yang diberikan Kabupaten Gowa lainnya kepada Kelompok Tani seperti bantuan benih padi kepada 180 Kelompok, Benih jagung kepada 120 kelompok, Alat mesin dan Pompa air.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat Gowa dan mengurangi beban biayanya,” harap Sugeng. (*) Hendra.

 

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!