Pohon Tumbang Rusak 2 Ruang Kelas di Bantaeng

by

 

BANTAENG, RADAR SELATAN — Sebuah pohon kapuk di Dusun Bissappu, Desa Bonto Salluang, Kecamatan Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan tumbang diterjang angin kencang. Akibatnya dua ruang kelas di SD Negeri 73 Parang Labbua rusak parah.

Kepolisian setempat telah memastikan bahwa tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja kerugian materil diperkirakan cukup besar dalam peristiwa kali ini.

“Dua ruangan, kelas 2 dan kelas 5. Kerugian materiil ditaksir sekitar kurang lebih seratus juta rupiah,” kata Paur Humas Polres Bantaeng, Aipda Sandri dalam pesan WhatsApp yang diterima pada Minggu malam, 12 Januari 2020.

Sementara soal kerusakan ruangan pada gedung sekolah tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris memastikan pihaknya sesegera mungkin melakukan peninjauan di lokasi terjadinya pohon tumbang.

Ia juga memastikan proses pembelajaran tetap berlangsung meski terdapat dua ruangan kelas yang mengalami kerusakan.

“Proses belajar mengajar tetap berjalan seperti biasanya, tinggal mengkondisikan ruangan,” kata Haris, sapaan akrabnya dalam pesan WhatsApp saat dihubungi.

“Kan dua yang rusak itu. Kedua ruangan tak layak pakai karena rusak parah,” sambung dia.

Menyikapi kerusakan itu, Haris memastikan bagian sarana pendidikan tengah mempersiapkan semuanua untuk perhitungan kerusakan gedung. Hal itu dilakukan guna mendapat anggatan dari pemerintah untuk pembenahan.

“Bagian sarana pendidikan akan turun untuk dilakukan perhitungan anggaran yang akan dipersiapkan,” ujar dia.

Sejumlah pohon besar yang berpotensi tumbang bakal dipangkas juga agar hal serupa tidak terjadi lagi. Mengingat saat ini cuaca terbilang cukup ekstrem, ditambah intensitas angin kencang tengah melanda sejumlah daerah di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, petugas kepolisian setempat bersama leading sektor atas peristiwa ini secepatnya melakukan kerja bakti untuk pembersihan di sana.

Sementara Kepala BPBD Bantaeng, Irfan Fajar mengonfirmasi peristiwa ini telah ditinjau langsung bersama pihak kepolisian, TNI dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bantaeng.

Ia memberi imbauan agar masyarakat lebih waspada untuk saat ini. Mengingat kondisi cuaca yang sangat buruk seperti saat ini. (Siddiq)