Radar Selatan

Bulukumba

Polip Sembih, Kondisi Ekonomi Rumah Tangga Maju  Dengan  JKN- KIS

Mawati, sempat terkejut bahwa suaminya didiagnosa mengidap penyakit polip pada tahun 2015 silam. Hal tersebut membuat ia khawatir mengingat usia suaminya tidak mudah lagi. Kekhawatiran tersebut semakin betambah begitu ia mendengar bahwa RSUD Sulthan Daeng Radja di Bulukumba juga angkat tangan dikarenakan pada saat itu sarana dan prasarana yang ada belum cukup memadai. Begitu mendengar hal tersebut, semakin bertambahlah kecemasannya mengingat jika suaminya ahrus dirujuk ke Makassar, maka ia harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk biaya transportasi dan biaya hidup selama di Makassar. Itupun belum ditambah lagi dengan estimasi biaya rumah sakit dan operasi yang diperkirakan mencapai hampir 20.000.000 juta rupiah.
Bayang-bayang kesulitan biaya pengobatan pun sempat menggelayuti langkahnya. Apalagi sang suami, merupakan satu-satunya tulang punggung keluarga, sedangkan ia juga tak memiliki aset yang bisa ia gunakan untuk biaya pengobatan sang suami. Beruntung, ia mendengar informasi tentang Program JKN-KIS. Ia pun segera mendaftarkan keluarganya ke dalam Program JKN-KIS dan begitu kepesertaannya dinyatakan aktif; suaminya pun dapat dengan segera mendapat pelayanan medis tindakan operasi di RSUD Wahidin Makassar selama 3 hari. Suaminya kini sehat kembali dan bisa beraktivitas normal dan kondisi perekonomiannya pun tidak ikut terpengaruh banyak.
Ditemui di sela-sela kunjungan customer, ibu Mawati mengaku sangat beruntung ada kepedulian pemerintah terhadap masyarakat melalui Program JKN-KIS ini. “saya sangat bersyukur dan merasa berhutang budi kepada BPJS Kesehatan yang memberikan kemudahan bagi keluarga saya untuk menjalani pengobatan penyakit polip suami saya di Makassar selama 3 hari”. Ujarnya. Ia juga berharap masyarakat yang sudah memiliki kartu JKN-KIS segmen mandiri untuk selalu memiliki kesadaran dalam membayar iuran bulanan, terutama yang sudah menggunakan kartu JKN-KIS nya untuk berobat.

Reporter : Edwin Dwi Pranata
Editor : Edwin Dwi Pranata
Nama : Mawati / Baharuddin
Usia : 55Tahun
No. Kartu BPJS Kesehatan : 0001876891612 / 0001876892782
Alamat : Parapoe Bonto Masila Kab. Bulukumba
Pekerjaan : Ibu Rumah Tangga

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!