Radar Selatan

PILKADES 2020

PPKD Bukit Harapan Siapkan Deklarasi Damai

GANTARANG, RADAR SELATAN — Tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bulukumba akan ditutup pada Selasa, 21 Januari 2020, hari ini. Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Bukit Harapan, Kecamatan Gantarang, tengah mempersiapkan agenda deklarasi damai untuk seluruh bakal calon kepala desa yang telah terdaftar.

Ketua PPKD Bukit Harapan, Akbar menyampaikan, deklarasi damai akan dilaksanakan secara khusus. Pasalnya, jumlah bakal calon yang mendaftarkan diri mencapai 10 orang dan diprediksi masih akan bertambah.

“Ini yang perlu kita antisipasi sebelum penetapan dari bakal calon menjadi calon. Karena berdasarkan aturanya, hanya lima orang yang akan ditetapkan sebagai calon kepala desa,” terangnya.

Menurut Akbar, deklarasi damai juga telah diagendakan oleh Panitia Pemilihan Kabupaten (PPK) dalamhal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). Namun pihaknya juga mengagendakan kegiatan serupa namun pada sebelum penetapan calon.

“Jadi deklarasi damai di Bukit Harapan itu dilaksanakan sebelum penetapan di kabupaten. Ini untuk membantun kesadaran dan komitmen berasama untuk menciptakan situasi dan kondisi desa yang kondusif selama proses Pilkades, khususnya di antara para bakal calon,” ujarnya.

Hingga kemarin, berdasarkan data Radar Selatan, Bukit Harapan merupakan salah satu desa dengan jumlah pendaftar bakal calon kepala desa terbanyak. Berdasarkan aturan, hanya lima orang yang akan ditetapkan sebagai calon kepala desa. (ewa/man

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!