Radar Selatan

Gowa

Puso 75 Persen, Petani Diasuransikan

Sugeng Priyanto, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Gowa 

#Cuaca Tak Pengaruhi Produksi Pertanian

GOWA, RADARSELATAN.CO.ID — Curah hujan yang tinggi beberapa bulan terakhir dipastikan belum memengaruhi produksi pertanian di Kabupaten Gowa. Pasalnya, sebagian besar petani saat ini masih dalam masa tanam.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyatno. Menurutnya, pihaknya jauh hari telah melakukan antisipasi dengan memperbaiki saluran pembuangan di setiap sawah milik petani yang telah menanam.
Sementara, untuk petani yang belum menanam akan ditunda satu hingga dua hari ke depan. Kondisi tersebut dimaksudkan menunggu volume air akibat curah hujan di Gowa menurun guna menghindari rusakknya tanaman.
“Tetapi secara umum, musim hujan kali ini pengaruhnya tidak terlalu besar, karena petani saat ini pada posisi baru menanam atau baru memasuki musim tanam,” terangnya.
Sementara puncak panen, lanjut Sugeng, diprediksi pada akhir Maret hingga awal April mendatang. Pada bulan tersebut adalah masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.
Mengingat kondisi geografis Kabupaten Gowa yang rawan banjir, Sugeng mengaku pihaknya akan mengupayakan perbaikan saluran pembuangan air. Kemudian pada saat panen pun, pihaknya akan menyediakan alat pengering untuk gabah-gabah yang telah di panen.
“Mesin pengering ini untuk mengantisipasi jika setelah panen cuaca masih kurang mendukung untuk mengeringkan gabah dengan bantuan sinar matahari,” terangnya.
Selain itu, kata Sugeng, upaya lain yang dilakukan pihaknya dengan mendampingi petani dengan asuransi jika mengalami gagal panen di atas 75 persen.
“Kami akan tekan kerugian petani jika terjadi gagal panen diatas 75 persen dengan memberikan asuransi,” ujarnya. (hen/man)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!