Radar Selatan

Bulukumba

Refleksi Hari Pahlawan, Mulyadi Mursali: Beri Solusi Adalah Sikap Kepahlawanan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Banyak cara yang dilakukan orang untuk mengisi 10 November sebagai hari memperingati dan mengenang para Pahlawan yang berjasa dalam memerdekakan bangsa Indonesia.

Bagi Mulyadi Mursali Hari Pahlawan yang selalu diperingati hendaknya jangan hanya mengedepankan unsur seremoni belaka, tanpa menghayati nilai-nilai perjuangan yang dipesankan oleh para pahlawan. Hari Pahlawan seyogyanya adalah bahan refleksi sekaligus pementasan diri anak bangsa mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

” Untuk itu, sebagai generasi muda, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan. Dan memberikan solusi atas setiap permasalahan adalah salah satu wujud sikap kepahlawanan,”jelas Mul sapaan akrab Politisi Demokrat ini.

Lanjut Mulyadi, Inonesia saat ini membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis, dan Indonesia yang bersih dan bebas korupsi. Karekteristik seorang pahlawan baginya adalah jujur, pemberani, dan rela melakukan apapun demi kebaikan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan kompleksitas masalah yang di rundung bangsa ini sudah patutnya bagi anak bangsa khususnya pemuda untuk tidak hanya tampil sebagai pengkritik juga sekaligus pemberi solusi.

” Setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Karena itu, hari pahlawan tidak hanya pada 10 November, tetapi berlangsung setiap hari dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita berjuang paling tidak menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan keluarga. Artinya, kita menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing.

Terakhir, ia mengatakan Peringatan Hari Pahlawan dijadikan momentum hari besar yang dirayakan secara khidmat, dan dengan rasa kebanggaan yang besar, karena merupakan kesempatan bagi seluruh bangsa untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang. Menyinggung soal tidak lamanya lagi masyarakat akan menghadapi kontestasi poltik yakni Pemilihan Presiden dan Calon Legislatif, Mulyadi mengimbau agar masyarakat untuk bersama sama mengawal demi menjaga kualitas demokrasi yang aman dan damai.

“Kita pun bisa mewajudkan sikap kepahlawanan kita dengan hadir menggunakan hak pilih kita sebagai bentuk penghormatan dan tanggung jawab atas hak politik yang diberikan negara. Karena satu suara akan menentukan masa depan bangsa ini, jika ingin melihat baik bangsa ini maka mari kita sukseskan Pemilu 2019,”ajak Mulyadi Musrsali.

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!