Radar Selatan

Gowa

Sempat Tersesat, Dua Pendaki Gunung Bawakaraeng Ditemukan

GOWA, RADARSELATAN.CO.ID — Nur Isma Wahyuni (18) Mahasiswi Poltek Pangkep dan Wahyudi Al Ikhsan (17) siswa SMA Negeri 9 Bulukumba akhirnya ditemukan Tim Basarnas usai tersesat di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa.

Humas Basarnas Makassar, Hamsidar saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kedua pendaki tersebut ditemukan selamat setelah Tim Basarnas dibantu TNI-Polri melakukan pencarian di Gunung Bawakaraeng.

“Korban ditemukan selamat diantara pos 5 hingga 6 jalur pendakian Gunung Bawakaraeng,” katanya, Rabu, 2 Januari 2019.

Ia mengungkapkan, kedua pendaki tersebut telah dievakuasi ke posko Bulu Ballea. “Mereka sudah ada di posko yang terletak sekira sekilo dari lorong Lembanna. Kami memang sering start dari situ karena jalurnya khusus untuk jalur evakuasi karena lebih singkat untuk ke pos 5,” ungkapnya.

Sebelumnya, Basarnas menerima informasi mengenai adanya dua pendaki tersesat di Gunung Bawakaraeng sejak 30 Desember 2018. Atau dua hari sebelum malam pergantian tahun.

Hamsidar juga menyarankan agar para pendaki untuk tidak melakukan aktivitas pendakian di Gunung Bawakaraeng.
“Kalau sekarang disarankan jangan mendaki dulu karena faktor cuaca yang kurang bersahabat,” ujarnya.

Menurutnya, intensitas hujan dan angin menyebabkan badai dan kabut bisa membahayakan pendaki. “Apalagi kurangnya kesiapan fisik, mental, perbekalan dan pengetahuan alam bebas akan sangat berpengaruh bagi keselamatan pendaki itu sendiri,” tutupnya. (*)

REPORTER: HENDRA
EDITOR: HASWANDI ASHARI

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!