Radar Selatan

Sinjai

Sinjai Terima Data Satelit dari LAPAN

TERIMA DATA. Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menerima data satelit penginderaan jauh tahun 2019 dari LAPAN. Selain Sinjai, Makassar dan Pare-pare juga menerima data satelit.

SINJAI, RADARSELATAN.CO.ID — Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2019 di Birawa Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Januari 2019.

Kehadiran Bupati Sinjai dalam acara ini juga sebagai penerima data satelit penginderaan jauh tahun 2019 dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Panitia Pelaksana, Winanto mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk pelaksanaan dari perintah Undang-undang Nomor 4 Tahun 2016 dengan mengundang seluruh provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai memenuhi kriteria.
Untuk tahun ini, diundang 60 kabupaten kota se-Indonesia termasuk Kabupaten Sinjai. Di Sulsel hanya ada 3 tiga kabupaten kota yakni Makassar, Pare-pare dan Sinjai.

Bupati Sinjai didampingi Kadis Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Sinjai, Hj. Marwatiah mengatakan bahwa baru kali ini Sinjai menjadi Penerima Data Satelit.
Hal ini merupakan hasil dari kerja pemerintah dalam menyajikan data yang akurat. Data inilah yang menjadi bahan penilaian yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui LAPAN.

“Data satelit adalah data dengan solusi tinggi yang dapat digunakan pemerintah untuk kebutuhan perencanaan dan pengambilan kebijakan. Data ini juga disajikan melalui aplikasi Sispanda dan Sinbak sebagai bentuk dukungan LAPAN pada pelayanan tujuan pembangunan secara berkelanjutan dan industri 4.0,” ungkap bupati.
Selain itu, LAPAN telah mengembangkan penyediaan platform Sistem Penyajian Data yang cepat, mudah, aman dan Populer (SPACeMAP) Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android yang juga diluncurkan pada Rakernas Citra Satelit Penginderaan jauh tahun 2019. (mul/has)

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!