Radar Selatan

Bantaeng

Tahanan Lapas Boleh Video Call

* Cara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Bantaeng Mendekatkan Warga Binaan dengan Keluarganya

BANTAENG, RADAR SELATAN — Tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Bantaeng kini bisa mengakses layanan video call atau panggilan video dengan keluarga mereka.

Kepala Rumah Tahanan kelas IIB Bantaeng, Muhammad Ishak mengatakan bahwa layanan tersebut diperuntukkan bagi warga binaan yang tidak pernah mendapat besukan dari keluarganya karena berasal dari luar Bantaeng ataupun keluarga tak ada di Kabupaten Bantaeng.

“Sewaktu-waktu mereka mau berkomunikasi dengan keluarga mereka bisa datang ke ruangan Sub Seksi Pelayanan Tahanan selama jam kantor,” tutur Ishak, Rabu, 12 Februari 2020.

Warga binaan yang melakukan panggilan lewat video akan ditemani oleh penjaga atau petugas pengawas. Untuk memastikan akses tersebut tidak disalahgunakan.

Lebih lanjut, Ishak memaparkan bahwa program tersebut baru saja berjalan. Menurutnya program itu diperuntukkan agar tetap mendekatkan warga binaan dengan keluarganya, sehingga mereka bisa melepas rindu.

“Karena ini akan meminimalisir pikiran-pikiran untuk melakukan hal negatif yang bisa menimbulkan gangguan keamanan misalnya pelarian,” tambah Ishak.

Seperti yang diketahui, beberapa alasan tahanan nekat kabur dari lapas karena rindu yang amat berat terhadap keluarga. Sehingga melakukan apapun untuk menuntaskan perasaan mereka tanpa peduli dengan kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan diperolehnya.

Bagi mereka yang jauh atau mendapatkan kendala saat ingin bertemu dengan keluarganya yang merupakan warga binaan kini tentu tak perlu khawatir lagi. Para WP bisa mengatasi rasa rindu mereka lewat layanan video call yang disediakan.

Melalui layanan tersebut mereka bisa berbicara langsung sambil bertatap muka meski lewat layar kaca. (sid/has

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!