134 KK di Bontobaji Terima BLT DD Tahap I

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Kepala Desa Bontobaji, Muhammad Nasir H, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa (DD) untuk 134 KK. Tahap pertama berlangsung di Aula Kantor Desa Bontobaji, Selasa, 19 Mei 2020.

Muhammad Nasir menjelaskan anggaran yang dikucurkan untuk BLT dari DD pada tahap pertama yakni April sebesar Rp 80.400.00. Setiap KK akan menerima tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni dengan total anggaran Rp 1.800.000 per KK. Keseluruhan anggaran disiapkan yakni Rp 241.200.000.

“Semoga BLT sedapat mungkin mengurangi beban hidup penerima selama pandemi Covid-19 yang entah kapan berakhirnya,” katanya.

Penyaluran disaksikan BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, PLD, para kadus dan lembaga desa. Selain di balai desa, penyaluran langsung juga dilakukan di rumah penerima yang rentan seperti lansia atau mengalami kelumpuhan. Penerima BLT DD tahap I setelah melalui tahapan pendataan oleh tim relawan pendata Desa, musyawarah verifikasi, validasi, dan selanjutnya ditetapkan dalam forum musyawarah desa.

Ketua BPD Bontobaji Irham Basman mengatakan, sebagai lembaga pengawasan di desa, BPD turut aktif mengawal BLT melalui DD. Harapanya bantuan tepat sasaran dan berdayaguna.

“Sedapat mungkin mengurangi kesulitan atau beban hidup akibat dari dampak COVID-19 yang semoga saja cepat berlalu,” ujarnya. (Anjar)