Beranda Bulukumba 2020, Beban Anggaran Terberat untuk Bulukumba

2020, Beban Anggaran Terberat untuk Bulukumba

Selasa, 26 November 2019, 7:53 WITA
Andi Bau Amal

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Bulukumba harus berpikir ekstra keras agar bisa keluar dari persoalan keuangan di tahun 2020. Beban anggaran yang cukup berat diakui Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba, Andi Bau Amal dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah  Bulukumba, Andi Mappiwali.

“Bisa dibilang 2020 itu beban anggaran terberat yang dirasakan Bulukumba,” ujar Andi Bau Amal, saat berbincang dengan RADAR SELATAN, di ruang kerjanya, Senin 25 November 2019. Diungkapkan Andi Bau Amal, ada beberapa item anggaran yang berubah  di 2020 dan memberikan pengaruh yang cukup signifikan.

Advertisement

Selain anggaran Pilkada yang mencapai Rp 40 Miliar, kenaikan iuran BPJS juga memberikan pengaruh yang sangat besar. “BPJS itu naik 100 persen dan ini kebutuhan yang tidak bisa tidak dianggarkan karena berkaitan dengan pelayanan dasar pada masyarakat,” terangnya.

Di samping itu, dana kelurahan yang dibebankan ke daerah juga menambah beban anggaran APBD di 2020. Ada kebijakan baru dari pusat bahwa dana kelurahan nilainya minimal sama dengan dana desa terendah di kabupaten masing-masing. Sementara di Bulukumba dana desa terendah adalah Rp 800 juta-an. “Dengan komposisi seperti itu, untuk dana kelurahan saja kami harus subsisi sampai Rp 22 Miliar,” ujar Andi Mappiwali.

Beban anggaran yang terus bertambah ini ternyata tidak diikuti kenaikan pendapatan. “Pendapatan daerah stagnan bahkan cenderung berkurang. Banyak hal yang menyebabkan itu. Makanya di 2020 kami berharap pos-pos PAD  benar-benar bisa dimaksimalkan,” tambah Andi Bau Amal.

Ia juga menyinggung soal komentar yang menyebut bahwa tata kelola pemerintahan Bulukumba buruk. Hal tersebut ditampik Andi Bau Amal. Menurutnya, semua prinsip tata kelola pemerintahan sudah dilakukan. Termasuk transparansi dan akuntabilitas. Jadi tidak bisa dikatakan buruk. Apalagi APBD adalah kegiatan rutin. (rdr)