Berburu Keterampilan di Sisnaker

  • Bagikan

Oleh: Dwi Muthiah Miranti Putri, S.Pi

Instruktur Ahli Pertama Kejuruan Processing, BLK Bantaeng

Perkembangan zaman begitu pesat sampai harus merubah kebiasaan kita dahulu menggunakan selembar kertas mengirimkan kabar ataupun sekadar berbalas pantun, hingga perlahan berubah bentuk ke dalam surat elektronik yang kita kenal dengan sebutan E-Mail namun tidak berhenti sampai di situ, keadaan merubah kita mendapatkan ilmu pengetahuan dengan bekal telepon seluler mampu mengakses apa saja yang kita butuhkan.

Kecenderungan perubahan dan inovasi dibidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mendatangkan kemudahan sehingga yang kita rasakan saat ini menjadi lazim dilakukan oleh setiap orang, dimulai berbelanja kebutuhan pokok, melakukan pembayaran dengan uang elektronik, serta mendapatkan akses pendidikan dan pelatihan dapat dengan mudah diakses melalui sebuah situs atau aplikasi berbasis mobile.

Meningkatnya pemanfaatan TIK dalam kehidupan saat ini mendorong pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, “menurut data BPS hasil pendataan survei susenas tahun 2020 , 53,73 persen populasi di indonesia telah mengakses internet di tahun 2020” dan “pada tahun 2020 tercatat 90,75 persen rumah tangga di Indonesia telah memilki / menguasai minimal satu nomor telepon seluler” ( Statistik Telekomunikasi Indonesia, 2020:4) , hasil survei tersebut membuat kemudahan mengakses pendidikan dan pelatihan juga semakin pesat dengan bermunculannya situs dan media digital lainnya yang menawarkan berbagai macam jenis pelatihan keterampilan.

Ditahun ini sebuah situs menarik untuk dibahas karena memiliki beragam jenis pelatihan keterampilan disertai dengan sertifikasi terhadap keterampilan yang diminati yaitu sistem informasi ketenagakerjaan ( Sisnaker ) sebuah platform berbasis mobile dirilis oleh Kemnaker menawarkan layanan pelatihan untuk mendapatkan keterampilan di beragam bidang keahlian seperti keterampilan bidang processing, keterampilan bidang pariwisata, dan sisnaker juga menghadirkan layanan yang menemukan lowongan pekerjaan untuk penggunanya, namun sebelum masuk mengikuti pelatihan keterampilan tersebut pengguna harus membuat akun dan melengkapi profil, berikut cara berburu keterampilan di Sisnaker.

DAFTAR AKUN

Unduh aplikasi Sisnaker di Googleplay Store atau melalui link bit.ly/AppSisnaker

Pada laman login dibawah klik “daftar sekarang”

Isi Biodata di kolom profil dengan lengkap dimulai dari Nomor Induk KTP ,nama lengkap, dan nama ibu kandung dan klik “berikutnya” untuk mengisi email dan nomor kontak pribadi yang akan ditahap selanjutnya akan menerima kode OTP melalui SMS.

Setelah kode OTP diterima dan akun telah diaktivasi maka akan tampil laman profil anda dan wajib melengkapi profil akun yang telah didaftarkan, mulai mengunggah foto profil dan mengisi kolom pendidikan, minat pekerjaan maka akun selesai dibuat.

MENCARI DAN DAFTAR PELATIHAN

Klik “Tab Layanan” dan untuk mendaftakan pelatihan keterampilan klik “Pelatihan” seperti tanda kotak merah pada gambar.

Pada halaman ini kita akan berburu beragam jenis pelatihan keterampilan yang akan dibuka oleh berbagai lembaga pelatihan terverifikasi dan terakreditasi di seluruh indonesia di mulai mengisi kolom cari pelatihan keterampilan mengisi nama atau jenis pelatihan yang diinginkan seperti kotak berwarna merah pada gambar,

Setelah memilih pelatihan segera klik daftar pelatihan , pilih lembaga pelatihan yang membuka pelatihan di sisi kanan atau bawah dan klik “Daftar”.

PROSES SELEKSI

Pada tahap akhir pengguna akan diberikan notifikasi terkait jadwal pengetesan tertulis dan wawancara yang akan dilaksanakan secara daring atau luring bergantung pada jenis pelatihan dan lembaga pelatihan yang membuka pelatihan, cek email atau SMS untuk menerima notifikasi.

Dengan mengikuti pelatihan di sisnaker kita bisa memiliki keterampilan yang berguna menghadapi perubahan zaman yang menuntut inovasi yang terus berkembang, semoga bermanfaat. (BLK Bantaeng)

Referensi Panduan :

https://drive.google.com/drive/folders/1zyCtMQFComngwhutlPCQnqXPYT3rnoCi?usp=sharing

  • Bagikan