Siap-siap Direlokasi, Pedagang Pasar Sentral Minta Bantuan Pemda untuk Bangun Kios Sementara

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pasar Sentral Bulukumba dipastikan akan direnovasi tahun 2022 ini. Karenanya para pedagang di Pasar Sentral harus direlokasi. Meski begitu, para pedagang mengaku belum ada sosialisasi resmi yang sampai ke pedagang pasar terkait wacana relokasi pedagang.

Berdasarkan desain yang diperoleh RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, bangunan pasar yang baru nantinya akan dibuat bertingkat. Rencana renovasi tersebut disambut baik oleh masyarakat khususnya bagi pedagang pasar. Namun sampai saat ini belum ada sosialisasi yang sampai ke pedagang soal konsep relokasi.

“Saya dengar informasi kami mau direlokasi, tapi kalau resminya belum pernah ada yang sosialisasi,” kata Fatimah salah seorang pedagang Pasar Sentral, saat dikonfirmasi Selasa, 4 Januari 2021.

Kendati demikian, Fatimah juga turut senang dan mendukung direnovasinya Pasar Sentral Bulukumba.

Fatimah mengaku bersedia direlokasi saat proses pengerjaan dimulai. Namun ia meminta agar pemerintah menyiapkan tempat relokasi yang layak dan tidak lagi membebani para pedagang soal pembangunan kios di tempat relokasi.

“Kalau mau direlokasi pasti kita ikuti saja, tapi kami minta di tempatnya itu sudah ada kios jadi kami tinggal mengisi tanpa harus membangun sendiri kios lagi,” pinta pedagang pakaian yang telah belasan tahun berjualan di Pasar Sentral Bulukumba tersebut.

Selain itu, Fatimah juga menginginkan pembagian atau penempatan pedagang di kios sementara juga dilakukan secara adil tanpa ada unsur tebang pilih.

Pedagang lainnya bernama Darma juga sepakat dengan Fatimah. Bukan hanya pada saat relokasi, namun menurut Darma pembagian kios pasar pasca renovasi nantinya juga dilakukan secara adil.

Darma menyarankan agar para pedagang Pasar Sentral yang sudah bertahun-tahun berjualanlebih diprioritaskan dalam penempatan kios pasca renovasi pasar.

“Kalau bisa para pedagang juga dilibatkan dalam pantauan kebijakan soal mekanisme di pasar baru (Pasar Sentral) nantinya,” kuncinya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Bulukumba Omy Kurnia mengungkapkan, saat pembangunan dimulai pedagang Pasar Sentral Bulukumba akan direlokasi ke Terminal.

“Kita akan relokasi ke terminal. Jadi sebagian lokasi terminal kita pakai untuk relokasi pedagang,” ungkap pria yang akrab Omy saat dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, Senin, 3 Januari 2022.

Menurut Omy, pihaknya akan menyiapkan kurang lebih 1.000 kios sementara di Terminal untuk para pedagang yang di relokasi.

Sementara untuk di Pasar Tanete, lanjut Omy, saat pembangunan para pedagang akan direlokasi ke belakang dan samping Pasar Tanete.

Terkait, bagaimana sistem distribusi kios atau lapak setelah pasar direnovasi Omy Kurnia masih belum bisa menjelaskan karena draf pembangunan pasar masih sementara dalam proses penyelesaian.

REPORTER: BASO MAREWA

  • Bagikan