Gedung Baru Perpustakaan Umum Kota Makassar Hampir Selesai, Dilengkapi Auditorium dan Kafe

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -– Pembangunan gedung Perpustakaan Umum Kota Makassar yang terletak di Jalan Kerung kerung Kota Makassar  telah rampung hingga 90%. Sebentar lagi masyarakat dapat menikmati layanan publik berlantai 4 ini yang dirancang modern-industrial dengan tetap menyentuh konsep budaya lokal. Berdasarkan hitungan konsultan perencana, daya tampung pengunjung maksimal 1.000 orang per hari untuk keseluruhan lantai dengan waktu kunjungan yang bersamaan.

Lantai 1 adalah area parkir, Lantai 2 untuk ruang baca anak dan disabilitas (maksimal 312 orang), lantai 3 untuk ruang baca umum (maksimal 500 orang) dan lantai 4 untuk auditorium/pertemuan dan teras baca/kafe (maksimal 215 orang). Jumlah daya tampung tersebut dapat meningkat 2 kali lipat jika Pemustaka datang silih berganti.

Daya tampung tersebut sesuai Perka Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 8 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Umum Kabupaten/ Kota bahwa jumlah kunjungan ke Perpustakaan minimal 0,10 dari jumlah penduduk per tahun. Jika penduduk Kota Makassar 1,4 juta (sesuai Sensus Penduduk 2021) maka pengunjung yang datang ke perpustakaan minimal 14 ribu orang.

Melihat daya tampung gedung baru yang seribu per hari, maka target pengunjung bisa di atas standar minimal. Angka 14 ribu bisa saja diperoleh hanya dalam sebulan. Semuanya dapat tercapai jika perpustakaan memberikan pelayanan maksimal termasuk menggalakkan berbagai kegiatan untuk pemanfaatan perpustakaan. (rls)

  • Bagikan