Capaian Vaksinasi Desa Pattiroang Sudah 71 Persen

  • Bagikan

Laporan: Jumarlin, Komunitas Jurnalis Warga Bulukumba

KAJANG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pemberian vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah Pemerintahan Desa Pattiroang, Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba telah mencapai 71 persen. Hal tersebut, diungkapkan Kepala Desa Pattiroang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba, Ahmad, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 4 Maret 2022. Ia juga menjelaskan bahwa dari kurang lebih 1.600 penduduk Desa Pattiroang, yang telah divaksin pada tahap pertama sebanyak 800 orang atau 71 persen.

“Pemberian vaksin tahap pertama ini sudah empat kali dilakukan di Desa Pattiroang. Alhamdulillah target dari Kabupaten telah tercapai bahkan melebihi target yakni 71 persen. Adapun jenis vaksin yang digunakan berupa sinovac dan moderna,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan sejauh ini, dalam upaya percepatan pencapaian vaksinasi, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk ikut serta dalam program vaksinasi. Selain itu, pihaknya juga melakukan pemberian vaksin secara door to door.

“Jadi selain layanan pemberian vaksin di Kantor Desa, petugas pustu desa juga melakukan pemberian vaksin door to door dengan mendatangi rumah-rumah warga. Ini juga sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung program pemerintah dalam memblok adanya virus Corona dan membentuk kekebalan kelompok,” ungkapnya.

Menyinggung soal pemberian vaksinasi terhadap penduduk Lanjut Usia (Lansia), ia menyampaikan di Desa Pattiroang khususnya, antusiasme lansia cukup tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah penduduk Lansia yang sudah divaksin kurang lebih 300 orang.

“Kami berharap kepada warga Pattiroang harus selalu menjaga kesehatan dari penyebaran covid-19. Ditambah adanya varian baru yakni omicron. Diharapkan pula kepada masyarakat untuk menghormati upaya pemerintah dengan adanya kegiatan vaksin door to door,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan masyarakat Pattiroang juga perlu berterima kasih terhadap Pemerintah. Pasalnya, pemerintah tidak hanya berpangku tangan melihat warga yang terdampak covid-19. Sebagai upaya dalam pemulihan ekonomi warga, pemerintah mengadakan program bantuan sosial.

“Sejak adanya pandemi ini semua warga yang terdampak pandemi suatu kesyukuran mendapat bantuan dari pemerintah yang disalurkan sesuai sasaran tanpa manipupasi data,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga Desa Pattiroang, Sukardi mengaku mengapresiasi langkah Pemerintah dengan adanya program vaksinasi dimasa pandemi covid-19. Karena adanya hal itu ruang untuk beraktivitas lebih efektif.

“Yang kemarin kami tidak dapat beraktivitas bebas karena corona, adanya vaksin ini kami sudah bisa beraktivitas dan tentunya ini mempengaruhi perputaran perekonomian kami. Untuk efeknya alhamdulillah tidak ada efek lebih yang saya rasakan malahan saya merasa jauh lebih baik,” tutupnya. ****

  • Bagikan