Polisi Tak Boleh Lemah Pengetahuan dan Harus Humanis

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kepolisian Resor Bulukumba menghadirkan konsultan komunikasi dan motivator pada sosialisasi yang digelar di Aula Mapolres Bulukumba, Selasa, 28 Maret 2022. Kegiatan bertajuk “The Power of Silaturahmi” itu menghadirkan DR. Aqua Dwipayana sebagai pembicara dalam memberikan motivasi dan materi soal teknik komunikasi kepada peserta.

Kegiatan ini turut diikuti Kapolres, Pejabat Utama (PJU) Polres,dan PJU Kodim 1411 Bulukumba, serta sejumlah jurnalis.

Aqua memberikan materi soal bagaimana seharusnya aparat Kepolisian maupun TNI dalam melakukan komunikasi yang ideal, baik kepada masyarakat maupun antar institusi.

Untuk meningkatkan produktifitas organisasi maka perlu meningkatkan produktifitas orang-orang yang ada di dalamnya. Salah satunya meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi, karena kesalahan kerja adalah hasil dari komunikasi yang buruk.

“Untuk meningkatkan komunikasi mengunakan rumus Reach-Plus-AC agar komunikasi tercapai dan giat dalam bekerja sukses,” urainya.

Dijelaskan, Reach adalah menghormati orang lain, selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain, dapat didengar dan dipahami. Kemudian mnggunakan kalimat yang sederhana, rendah hati, dan tidak sombong, serta melakukan aksi nyata dan selalu konsisten.

Menjadi pribadi yang andal, kata Aqua, janganlah menjadi pribadi yang lemah dalam pengetahuan teruslah belajar mencari ilmu pengetahuan.

TNI-Polri dalam menjalankan keghidupan sehari-hari dalam pelaksanaan tugas agar menerapkan konsep hidup 3B, yakni Berdoa, Bekerja secara optimal dan Bersyukur.

Pakar komunikasi dan motivator nasional itu menekankan, aparat negara harus lebih humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Olah karena itu, memperkuat kemampuan komunikasi sangat strategis untuk mewujudkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang Presisi.

Sementara itu, Kapolres Bulukumba, AKBP Suryono Ridho Murtedjo, secara khusus menyampaikan terima kasih kepada DR. Aqua yang telah memberikan ilmunya soal komunikasi.

“Maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan guna terwujudnya komunikasi yang harmonis kepada semua pihak sekaligus menumbuhkan motivasi guna meningkatkan etos kerja dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok sesuai profesionalisme masing-masing,” ujarnya.(ewa)

  • Bagikan